Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara menyebutkan potensi hujan sedang hingga lebat diperkirakan kembali akan terjadi di hampir wilayah kabupaten kota di Sulawesi Tenggara.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam keterangan resmi yang diterima di Kendari, Kamis, mengatakan hampir seluruh kabupaten dan kota di Sultra akan terjadi hujan sedang hingga lebat.

"Selain hujan sedang dan lebat, juga dapat disertai terjadi angin kencang yang diperkirakan akan terjadi pada pada pukul 01:20 Wita hingga jelang pagi hingga siang hari," ujarnya.

Ia menyebutkan, potensi hujan sedang dan lebat akan terjadi di Kabupaten Konawe meliputi kecamatan Routa, Kabupaten Konawe Selatan di Laonti, Kabupaten Konawe Utara di kecamatan Asera, Wiwirano, Langgikima, Molawe, Oheo, Andowia, Lasolo Kepulauan, Landawe, Kabupaten Buton Utara di Kulisusu Utara, Kabupaten Konawe Kepulauan pada Wawonii Selatan, dan sekitarnya.

"Hujan juga dapat meluas ke wilayah lain seperti di Kolaka Utara, Konawe Utara, Buton Utara, Kolaka Timur dan Kota Kendari," ujar Faizal Habibie.

Di Kabupaten Konawe misalnya potensi hujan terjadi di wilayah kecamatan Abuki, Soropia, Latoma, Asinua, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Padangguni, Tongauna Utara, Kabupaten Konawe Selatan di wilayah Kolono, Moramo, Moramo Utara, dan kecamatan Kolono Timur.

Begitu juga di Kabupaten Kolaka Utara pada wilayah kecamatan Batu Putih, Pakue Utara, dan Porehu, Kabupaten Konawe Utara di kecamatan Lasolo, Lembo, Sawa, Motui, Wawolesea,
Kabupaten Buton Utara di kecamatan Kulisusu, Kulisusu Barat, Wakorumba Utara, Kabupaten Kolaka Timur di kecamatan Ueesi.

Kabupaten Konawe Kepulauan di kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, Wawonii Tengah, Kota Kendari di kecamatan Kendari, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Nambo, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga siang hari.

Suhu udara yang terjadi hari ini berkisar 24 - 31 derajat selsius dengan kelembaban udara 65 - 95 persen dengan kecepatan angin bertiup dari Timur - Selatan per 2 - 30 kilometer per jam.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024