Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota atau Pemkot Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pelatihan dasar pemadam kebakaran yang akan berlangsung selama lima hari hingga 23 Juni 2023.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu di Kendari Senin, mengatakan bahwa Pemkot Kendari terus berupaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur dalam melaksanakan fungsi atau tugas pemerintahan, serta untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Ia menyampaikan bahwa peningkatan kualitas SDM personel pemadam kebakaran dan penyelamatan sangatlah penting untuk dilaksanakan, sehingga dengan begitu, pihaknya akan terus melatih para personel pemadam kebakaran untuk melayani masyarakat.

“Harapannya melalui pelatihan dasar yang diselenggarakan pada tanggal 19 sampai 23 Juni 2023 kepada seluruh peserta dapat menambah wawasan dan pengetahuan, khususnya terkait dengan pemahaman dasar tentang pemadaman kebakaran,” kata Asmawa Tosepu.

Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) itu juga mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk bersama-sama mengikuti pelatihan dasar kepada empat kabupaten lainnya yang turut ikut dalam pelatihan dasar tersebut, yaitu Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Kabupaten Konawe Utara (Konut), dan Kabupaten Kolaka.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada bapak ibu yang berasal dari kabupaten dan kota lain yang telah mempercayakan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kendari sebagai penyelenggara, tentu hal-hal semacam ini atau kegiatan semacam ini, perlu terus dikembangkan dalam rangka membangun kolaborasi. Dengan kerja sama semacam ini maka akan tercipta solidaritas antar aparatur pemadam kebakaran yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra),” jelas Asmawa Tospeu.

Selain itu, untuk mendukung kinerja Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kendari, Asmawa Tosepu juga menyerahkan satu unit mobil operasional dengan harapan bahwa dengan adanya tambahan armada tersebut bisa meningkatkan kinerja dan profesionalitas sumber daya aparatur di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kendari.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024