Kendari (ANTARA) - Jalasenastri atau organisasi para istri prajurit di Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lanal) Kendari melakukan panen sayuran hidroponik yang dikembangkan di pekarangan Lanal tersebut.

Ketua Cabang 3 Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Wulan AK Mulku di Kendari, Minggu mengatakan sayuran hidroponik yang dipanen merupakan hasil budidaya dari istri-istri para prajurit TNI AL di Lanal Kendari.

"Sebenarnya hasil panen sayuran hidroponik ini tidak diperjual belikan untuk umum, tetapi murni untuk kebutuhan ibu-ibu yang ada di kompleks perumahanTNI AL Kendari," katanya.

Ketua Cabang 3 Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Wulan AK Mulku didapingi Wakil Ketua dan pengurus melaksanakan panen sayuran hidroponik Oinawu Ta bertempat di pekarangan Pangan Lestari Cabang 3 Korcab VI Daerah Jalasenastri Armda II Kompleks Lanal Kendari.

Dia menerangkan kegiatan penanaman sawi dan selada air merupakan sayuran yang setiap bulan ditanam oleh ibu-ibu Jalasenastri untuk membudidayakan tanaman hidroponik.

"Tanaman hidroponik itu untuk membantu ketahanan pangan bagi ibu-ibu di kompleks perumahan TNI Angkatan Laut," ujar dia.


  Jalasenastri Lanal Kendari panen sayuran hidroponik, di Kendari, Minggu (28/5/2023) (ANTARA/HO-Penerangan Lanal Kendari)


Lebih lanjut dia menuturkan penanaman sawi dan selada secara hidroponik dilaksanakan setiap bulan. Usai dipanen anggota Jalasenastri kembali melakukan penanaman sayuran tersebut.

Ia menambahkan bahwa panen dilakukan setiap sebulan sekali, dimana hasilnya lalu dibagikan kepada ibu-ibu yang ada di kompleks perumahan Lanal Kendari.

"Ini merupakan program yang sudah dijalankan beberapa bulan yang lalu, dan setelah ditanam ternyata hasilnya membantu ibu-ibu Jalasenastri untuk kebutuhan sehari-hari dan rumah tangga," pungkas Wulan.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024