Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan masih akan terjadi hujan ringan di sejumlah wilayah kabupaten kota di Sulawesi Tenggara (Sultra dengan intensitas rendah.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam keterangan tertulis yang diterima di Kendari, Senin, menyebutkan ada beberapa daerah yang masih berpotensi hujan ringan hingga sedang, baik pagi, siang, maupun malam hari.

Pagi hari, kata Faizal, berpotensi terjadi hujan ringan di wilayah Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Utara, dan Kabupaten Muna.

Sementara pada siang dan sore hari, juga berpotensi terjadi hujan sedang di wilayah Kabupaten Buton Tengah, Buton Selatan, Buton, Kolaka, dan Kolaka Timur. Sedangkan hujan ringan di wilayah Kota Baubau, kabupaten Bombana, Buton Utara, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Kota Kendari, Muna, Muna Barat dan Kabupaten Wakatobi.

"Di malam hari, intensitas hujan ringan di wilayah Kabupaten Buton, Buton Selatan, Kolaka, Kolaka Utara dan Konawe Utara," ujarnya.

Adapun suhu udara antara 24 - 32 derajat Celsius, kelembaban udara antara 60 - 95 persen dan kecepatan angin dari Barat Daya - Barat Laut / 2 - 40 kilo meter per jam.

Di bagian lain laman instagram resmi BMKG, diprediksi paparan panas matahari akan terasa panas pada hari ini, dimana akan mengalami paparan sinar ultra violet yang moderate dengan resiko berbahaya pada pukul 10.00 hingga 13.00 Wita .

Olehnya itu dianjurkan bagi warga untuk berada di tepat teduh dan jika berada di luar ruangan hendaknya memaki topi dan selalu siap sedia tabir surya dan memakai pakaian tertutup agar terlindungi dari bahaya matahari.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024