Baubau (ANTARA) - Sebanyak 10 dari 24 kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara bergeser posisi jabatan usai mengikuti job fit.

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dipimpin Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse digelar di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Rabu.

Ke-10 pejabat eselon dua yang dilantik itu termasuk Penjabat Sekda Baubau Sitti Munawar secara definitif menduduki Kepala BPKAD Baubau.

Sedangkan eselon II lainnya yang mendapat jabatan baru yakni, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Baubau, La Ode Aswad digeser menjadi Asisten I Setda Pemkot Baubau, Kepala Dishub Abdul Karim diamanahkan sebagai Kadis PUPR, dan Asisten I Setda Pemkot Baubau MZ Tamsir Tamim menempati Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Baubau.

Kemudian, Andi Hamzah Machmud yang sebelumnya menjabat Kadis PUPR digeser menduduki Kadis Komunikasi dan Informatika menggantikan La Ode Darussalam yang kini sebagai Asisten III Setda Pemkot Baubau.

Selanjutnya, Kepala BKPSDM Abdul Rahman yang kini menjabat Kepala DP3A bertukar posisi dengan Wa Ode Muhibah Suryani. Begitu juga Asisten II Setda Pemkot Baubau, Ibnu Wahid bertukar posisi dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Baubau, Asmahani.

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse juga menyampaikan dan memerintahkan BKPSDM untuk posisi Kadis Perhubungan yang kosong diisi oleh Stah Ahli Amsir Afie, sedangkan Ruslan RZ yang merupakan Staf Ahli diamanahkan juga sebagai Dewas PDAM Baubau.

Wali Kota La Ode Ahmad Monianse mengatakan, bahwa rotasi atau mutasi yang dilakukan hari ini merupakan rangkaian kegiatan uji kompetensi yang telah lalu, dengan beberapa waktu dilakukan mempertimbangkan berbagai aspek melibatkan eksternal yang independen, serta unsur berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ia juga meminta kepala OPD untuk segera melakukan konsolidasi internal dan optimalkan berbagai sumber daya yang dimiliki pada OPD masing-masing. Kemudian menyatukan langkah, bersinergi dan berkolaborasi untuk kesinambungan keberlanjutan pemerintahan, pelayanan, dan pembangunan.

"Saya percaya bahwa saudara-saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan," ujar politisi PDIP Baubau ini.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Ahmad Monianse juga menyampaikan kepada seluruh pimpinan tinggi pratama daerah itu untuk senantiasa mencermati perkembangan penyelengaraan pemerintahan dan dinamika sosial kemasyarakatan.

"Saya juga atas nama pemerintah kota Baubau mengucapkan selamat bekerja kepada para pengemban jabatan yang dilantik hari ini, semoga pelaksanaan program dan kegiatan di OPD dapat berjalan dengan baik, dengan orientasi mewujudkan Baubau yang sejahtera," ujarnya.
 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024