Baubau (ANTARA) - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mulai mempersiapkan proses seleksi lelang jabatan pimpinan tinggi pratama untuk posisi Sekretaris Daerah Baubau dengan target waktu tiga bulan kedepan tuntas.

"Jadi seperti yang disampaikan oleh Bapak Walikota Baubau bahwa pejabat (Sekda) devinitif harus selesai di tiga bulan, jadi tugas saya untuk memastikan proses pelaksanaan seleksi Sekda Baubau sampai dengan pada saat pelantikannya," ujar Penjabat (Pj) Sekda Baubau, Sitti Munawar, di Baubau, Selasa.

Menurut dia, proses seleksi lelang jabatan Sekda Baubau akan dilakukan setelah rotasi pejabat eselon dua lingkup Pemkot daerah itu usai mengikuti job fit baru-baru ini yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Baubau. Namun demikian pihaknya tidak mengetahui secara pasti kapan pelantikan eselon dua itu dilakukan.

"Seperti penyampaian Walikota Baubau bahwa akan ada pelantikan sesuai dengan job fit, tapi itu kami tidak tau pasti waktunya karena hanya pimpinan yang tau. Jadi setelah pelantikan eselon dua itu kemudian kita ambil langkah-langkah lagi untuk persiapan lelang jabatan Sekda Baubau, artinya itu menjadi PR saya dan harus kita tuntaskan di tiga bulan, artinya waktu sudah mulai star tapi tinggal kita menunggu arahan dari beliau, tapi tetap kita persiapkan itu," jelasnya.

Selain proses lelang Sekda Baubau, ia mengatakan, bahwa hal juga yang menjadi tanggungjawab yang harus dituntaskan pihaknya sebagaimana yang disampaikan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse adalah melaksanakan tugas pokok sebagai Pj Sekda yakni membantu Wali Kota dalam menuntaskan, menetapkan kebijakan yang sudah ditetapkan.

"Kemudian juga mengkoordinasikan, membina, dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan-kegiatan baik itu kegiatan pemerintahan maupun pembangunan. Jadi ada dua hal yang menjadi tanggungjawab yang harus dituntaskan seperti yang disampaikan Bapak Wali Kota Baubau," katanya Sitti Munawar yang juga sebagai Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Baubau ini.

Dikatakannya, bahwa pada prinsipnya penetapan dirinya sebagai Penjabat Sekda Baubau karena untuk mengisi kekosongan sebagaimana sesuai amanat Perpres Nomor 3 Tahun 2018.

"Jadi, yang pertama saya juga mengucapkan puji syukur atas nikmat yang sudah diberikan dan mengucapkan terimakasih kepada Bapak Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse yang telah memberikan amanah kepada saya sebagai Penjabat Sekda Baubau," ucapnya.

Sitti Munawar juga menambahkan bahwa dengan saat ini adanya pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), pihaknya berharap selaku Penjabat Sekda tentu memastikan pelaksanaan pemeriksaan selesai sesuai jadwal pada 12 April 2023.    

"Harapan kami semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar, kemudian kita perlu dukungan dari semua kita pemangku kepentingan untuk bisa bersama-sama mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bapak walikota dalam menyukseskan kegiatan pembangunan di Kota Baubau," ujarnya.
 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024