Kendari (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) menghadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).
 
Manajer PLN Pelaksana Pelayanan Pelanggan atau UP3 PLN Kendari Eko Riduwan saat dihubungi Rabu, mengatakan bahwa SPKLU itu terletak di Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kolaka yang beralamat di Jalan Merdeka Nomor 4, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sultra.
 
“SPKLU kini hadir di Kolaka, tepatnya di Kantor PLN ULP Kolaka di Kecamatan Latambaga,” kata Eko Riduwan.

Dia menyebutkan bahwa kehadiran SPKLU ini untuk mendukung penggunaan kendaraan yang menggunakan tenaga listrik di Kabupaten Kolaka.

Dia menjelaskan pembangunan SPKLU itu merupakan yang kedua di wilayah Bumi Anoa ini, setelah sebelumnya juga dibangun di Kota Kendari.

"Stasiun pengisian ini merupakan yang kedua di Sulawesi Tenggara setelah di Wuawua, Kota Kendari," jelasnya.

Dia juga menuturkan pembangunan SPKLU itu merupakan titik penting dalam rangka mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik yang berbasis baterai di wilayah ini.

Kabupaten Kolaka  merupakan salah satu akses keluar masuk di Provinsi Sultra. Sehingga hal itu dapat mempermudah penggunaan kendaraan  listrik melintas di provinsi ini.

"Ppengguna kendaraan listrik dari Kendari ke Makassar bisa mengisi baterai di Kolaka," ucap Eko

Ia berharap dengan hadirnya stasiun itu, penggunaan kendaraan yang menggunakan tenaga listrik di Kabupaten Kolaka bisa lebih meningkat lagi.

Bupati Kolaka yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Kolaka, Abbas mengapresiasi langkah PLN y membangun SPKLU di Kolaka.

"Pemkab sangat berterima kasih kepada PLN atas pembangunan SPKLU di Kolaka, ini sebagai bentuk dukungan penggunaan kendaraan listrik dalam mengurangi emisi gas," tambah Abbas.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024