Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menghadirkan layanan kepolisian di Gedung Balai Kota Kendari di Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sultra.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman di Kendari, Rabu mengatakan bahwa pelayanan itu untuk memudahkan masyarakat yang kepingin mengurus terkait dengan kepolisian.

“Kami menghadirkan layanan kepolisian di Gedung Balai Kota Kendari untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman.

Polisi berpangkat tiga bunga melati emas itu menyebutkan bahwa selain layanan kepolisian, di Gedung Balai Kota Kendari yang belum lama diresmikan itu juga tersedia beberapa layanan dari instansi lainnya.

“Ada Kementerian Agama (Kemenag), Ombudsman Sultra, pendaftaran PTSP, dan Badan Pertanahan Nasional (BPN), serta beberapa lembaga lainnya,” ujar Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman.

Mantan Direktur Reserse Narkoba Polda Sultra itu menyampaikan bahwa layanan-layanan itu diberikan untuk memudahkan seluruh masyarakat di Kota Kendari yang hendak berurusan agar tidak bolak-balik.

“Untuk memudahkan pelayanan kami membuka layanan loket baru yang berada di Balai Kota Kendari bergabung dengan seluruh lembaga yang ada di Kota Kendari, bukan hanya Polresta Kendari tetapi banyak lembaga lainnya atau bisa disebut Mal Pelayanan Publik Satu Atap,” ucap Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman.

Dia menjelaskan bahwa untuk masyarakat yang hendak mengadukan persoalan yang dibutuhkan bisa langsung mengunjungi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu atau SPKT yang berada di Gedung Balai Kota Kendari.

“Untuk masyarakat silahkan datang ke sini , mengadukan apa saja, nanti ada petugas kami yang akan mengarahkan. Seperti mengadukan laporan kehilangan, pembuatan SKCK, dan pembuatan SIM (surat izin mengemudi) A dan SIM C,” bebernya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga menyediakan satu unit mobil SIM Keliling yang akan menetap di halaman Gedung Balai Kota Kendari

“Mengingat peralatan tidak bisa masuk ke dalam, jadi kami menyiapkan mobil pelayanan SIM keliling di halaman depan Kantor Balai Kota Kendari,” tuturnya.

 


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024