Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengajak seluruh perusahaan media massa, baik cetak, elektronik maupun daring (online) yang ada di daerah itu agar dapat memiliki andil dalam mengawal Pemilu 2024 yang jujur, adil, dan independen.

"Pers sebagai pilar keempat demokrasi dalam sistem kenegaraan, memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam mewujudkan pemilu yang jujur, adil dan bermartabat," kata Ali Mazi saat membuka Musyawarah Daerah III Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sultra di Kendari, Sabtu.

Menurut dia, pemilu merupakan sebuah instrumen vital dalam kehidupan demokrasi sekaligus menjadi penentu keberlanjutan pembangunan bangsa dan negara dalam periode lima tahun ke depan sehingga harus dikawal sebaik mungkin.

Gubernur dua periode ini menyampaikan keberadaan pers yang independen, netral dan profesional mutlak dibutuhkan untuk mengawal dan mencegah terjadinya praktik yang tidak demokratis dalam pemilu.

"Saya perlu mengingatkan kepada para jurnalis televisi sebagai bagian dari keluarga besar pers, harus menjunjung tinggi kode etik dan memegang prinsip-prinsip kerja jurnalisme yang profesional, akurat dan berimbang," ujar Ali Mazi.

Dia berharap agar jurnalis dalam memberikan informasi mengenai pemilu harus mampu menguji kebenaran dan keaslian informasi yang diterima sebelum disiarkan atau ditayangkan.

  Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi saat membuka Musda III IJTI Sultra di Kendari, Sabtu (11/3/2023) (ANTARA/Harianto)



"Selain itu, menghindari penyebaran informasi yang belum terverifikasi secara akurat agar tidak menimbulkan kegaduhan dan konflik bagi masyarakat. Dalam hal ini jurnalis diharapkan memastikan bahwa sumber informasi yang digunakan terpercaya," tutur Ali Mazi.

Ali Mazi mengharapkan jurnalis harus menjaga independensi dari tekanan atau intervensi dari pihak manapun atau kelompok tertentu yang mencoba mempengaruhi isi pemberitaan, serta jurnalis harus memiliki integritas yang tinggi dalam menjalankan tugas-tugasnya.

"Saya menghargai dan mendukung jurnalis yang selalu menjaga independensi dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Saya percaya teman-teman selalu memberikan informasi yang akurat dan tidak memihak kepada individu ataupun kelompok tertentu tetapi semata-mata hanya berpihak kepada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara," kata Ali Mazi.
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024