Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi berharap lahir bibit-bibit atlet bola voli potensial dan profesional dari pelajar SMA/SMK sederajat yang tampil dalam kejuaraan Gubernur Sultra Cup 2023 sehingga bisa mengharumkan nama daerah di level nasional bahkan internasional.

"Karena kegiatan ini sifatnya kejuaraan, maka diharapkan dapat lahir prestasi terbaik sekaligus menjadi ajang untuk menemukan bibit atlet potensial Sulawesi Tenggara di masa depan khususnya di cabang olahraga bola voli yang kelak dapat mengharumkan nama daerah melalui prestasi yang membanggakan di level kompetisi yang lebih tinggi," kata Ali Mazi di Kendari, Senin.

Gubernur Sultra Ali Mazi membuka kejuaraan bola voli antar pelajar tingkat SMA/SMK sederajat kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara, memperebutkan piala Gubernur Sultra Cup 2023 di Lapangan Voli TVRI Kendari.

Ali Mazi meminta seluruh peserta agar menjadikan kejuaraan tersebut sebagai momentum untuk menambah pengalaman bertanding serta sebagai ajang untuk mengukur kemampuan.

"Sehingga ke depan terus meningkatkan disiplin untuk berlatih, mengasah diri, dan jangan berhenti untuk meraih prestasi tertinggi," ujar Ali Mazi.

Dia menuturkan, pembangunan olahraga memiliki peran penting dalam keunggulan dan daya saing, serta harkat dan martabat bangsa di kancah Internasional.

Oleh karena itu, lanjut Ali Mazi, memajukan pembangunan olahraga khususnya cabang olahraga bola voli tidak hanya menjadi tanggung jawab PBVSI selaku induk organisasi pembina atlet cabang olahraga bola voli bersama KONI, tetapi menjadi tanggung jawab bersama.

Untuk itu, Gubernur Ali Mazi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Paguyuban Pelatih Bola Voli Sulawesi Tenggara (P2BVST), yang telah menginisiasi dan menyelenggarakan Kejuaraan Bola Voli Antar Pelajar Tingkat SMA/SMK sederajat kabupaten/kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Saya berharap kejuaraan ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi agenda rutin untuk mencari atlet muda, berkualitas, memiliki bakat dalam cabang olahraga bola voli untuk dibina dengan baik dan berkelanjutan, agar ke depan daerah kita memiliki atlet bola voli yang berprestasi pada tingkat nasional dan bahkan Internasional,” kata Gubernur Ali Mazi.

Lebih lanjut Ali Mazi mengatakan olahraga voli dapat meningkatkan daya kreativitas serta membangun keakraban masyarakat, khususnya antara panitia dengan official, peserta kejuaraan, dan suporter serta pihak sponsor.

Selain itu, kegiatan tersebut juga memiliki manfaat ekonomi karena terjadi perputaran uang sebagai efek dari belanja produk untuk kebutuhan pihak-pihak yang terlibat dalam kejuaraan ini baik panitia, sponsor, tim peserta, dan suporter, serta masyarakat pengunjung kejuaraan tersebut.

"Sehingga secara tidak langsung event olahraga ikut memacu perputaran roda perekonomian," kata Ali Mazi.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024