Kendari (ANTARA) -
Komando Distrik Militer (Kodim) 1413/Buton merehabilitasi rumah tidak layak huni milik seorang buruh pasir La Uda (43) di Desa Kamalenta, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).
 
Komandan Kodim 1413/Buton Letkol Arm Muhammad Faozan di Baubau melalui keterangan resminya Kamis, mengatakan kegiatan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) itu merupakan program dasar Babinsa Masuk Dapur dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD).
 
"Rehabilitasi rumah itu merupakan program dari Bapak KASAD," katanya.
 
Orang nomor satu di Kodim Buton itu menyebutkan bahwa pengerjaan rumah tidak layak itu dilakukan dengan program triwulan I tahun 2023. Pengerjaannya dimulai pada 2 Maret 2023 yang diawali dengan pemasangan pondasi dan penyiapan tiang cor.
 
Ia mengungkapkan bahwa rehabilitasi RTLH itu diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak mampu di wilayah Kodim 1413/Buton.
 
"Ini merupakan kegiatan non-program dari komando atas setiap triwulan. Tiap Kodim diharapkan membuat atau merehabilitasi satu unit RTLH rumah warga," ucapnya.
 
Sementara itu, La Uda menuturkan bahwa dirinya tidak bisa menahan haru saat melihat kondisi rumahnya yang direhab oleh TNI AD. Bahkan, dia tidak sampai menyangka rumahnya akan dibangun menjadi hunian yang layak.
 
"Saya hanya bisa berdoa semoga dengan niat baik dari TNI AD dan jajarannya menjadikan ladang amal bagi TNI AD," ujarnya.
 
Dia bercerita bahwa selama ini tempat tidur lima orang anaknya bersatu dengan dapur karena kondisi rumah yang sangat tidak layak.
 
"Saya senantiasa berdoa semoga Allah memberikan rezeki kepada kami untuk memperbaiki rumah, Alhamdulillah rezeki itu datang melalui tangan komandan Kodim dan jajarannya," tuturnya.
 
Tak lupa, ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada KASAD dan Komandan Kodim Buton yang telah membantu dalam rehab rumahnya itu.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rumah milik buruh pasir direbab Kodim Buton

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024