Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara bakal memberi reward atau bonus kepada para petugas kebersihan Kota Lulo ini usai meraih Piala Adipura.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu di Kendari Rabu, mengatakan pihaknya akan memberikan bonus tersebut dalam bentuk tambahan insentif para petugas kebersihan.

“Jadi, petugas kebersihan (Kota Kendari) saya beri waktu selama tiga bulan untuk mereka bisa berkinerja lebih lagi, tentu akan kami beri apresiasi reward (bonus) kepada mereka dalam bentuk penambahan insentif. Tapi kami lihat dulu hasilnya,” kata Asmawa Tosepu di Balai Kota Kendari.

Selain para petugas kebersihan Kota Kendari itu, Pj Wali Kota Kendari menyebutkan bahwa reward atau bonus yang telah membantu bekerja sama sehingga Kota Kendari bisa meraih Piala Adipura.

Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) itu juga menuturkan bahwa para lurah juga akan diberikan reward atau bonus dalam bentuk penilaian kinerja.

Bahkan,, dia akan memberikan promosi kepada lurah di Kota Lulo ini yang berprestasi.

“Untuk para Lurah, tentu itu adalah penilaian kinerja dan bagi yang berprestasi, tentu akan kami promosikan. Itu Sudah pasti,” jelasnya.

Asmawa Tosepu juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan mempertahankan wilayah Kota Kendari agar terus meraih Piala Adipura yang berikutnya dengan cara melakukan tiga program. Ketiga program tersebut, yakni dengan melakukan penanaman pohon sebanyak beberapa pohon yang dipangkas oleh satuan tugas penataan kota.

“Karena itu janji kami, sebanyak apa pohon yang dipotong atau dipangkas, itu juga minimal sebanyak itu pula yang kami tanam kembali, dan itu juga sudah dianggarkan dalam APBD,” tuturnya.

Kemudian yang kedua, lanjutnya, pihaknya akan memastikan setiap rumah tangga ada tempat sampahnya, sehingga membuang sampah di sembarang tempat itu dapat diminimalisir.

“Syukur-syukur bisa kita hilangkan, dan target 2023 kami itu, menghilangkan tempat sampah di pinggir jalan, biarlah pengolahannya ada di masing-masing rumah tangga, karena yang akan menjemput, kami sudah punya petugas kebersihan,” ungkapnya.

Untuk yang ketiga, Pemkot Kendari akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang kebersihan.

“Yang ketiga, ini paling penting, edukasi masyarakat. Membangun kesadaran bersama bahwa kebersihan itu adalah milik kita semua. Jadi, kira-kira tiga itu yang akan kami lakukan,” tutupnya.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024