Baubau (ANTARA) - Anggota Babinsa Koramil 1413-15/Binongko bersama masyarakat setempat bergotong royong membersihkan dan memperbaiki jalan yang terputus akibat diterjang ombak di Kelurahan Popalia Kecamatan Togo Binongko Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Komandan Kodim 1413/Buton Letkol Arm. Muhamad Faozan dalam keterangan tertulis diterima di Baubau, Rabu mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu realisasi peran aktif Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial dalam membantu setiap kesulitan masyarakat di wilayah binaannya sesuai perintah harian Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD).

"Peran aktif masyarakat bersama Babinsa sebagai ujung tombak di wilayah tugasnya dipastikan terus memberikan perhatian. Salah satunya memperbaiki jalan yang terputus di Kelurahan Popalia Kecamatan Togo Binongko Kabupaten Wakatobi," katanya.

Kata Dandim Buton, kerusakan jalan kurang lebih 30 meter akibat dari terjangan ombak yang terjadi pada dua pekan lalu, sebelumnya berdampak dengan terganggunya aktivitas warga di daerah tersebut.

Dia menyampaikan, hal itu yang mendorong Babinsa yang bertugas di wilayah tersebut untuk bergerak bersama masyarakat melakukan perbaikan jalan terputus tersebut sehingga dapat menunjang kegiatan sehari-hari warga setempat.

"Proses perbaikan dengan gotong royong itu merupakan cara untuk mempercepat pulihnya kondisi jalan agar aktifitas masyarakat bisa melintasinya kembali," katanya.

Kepala Desa Oihu, Asnawi mengucapkan terimakasih kepada TNI khususnya anggota Babinsa Koramil 1413-15/Binongko yang telah bekerja sama dengan masyarakat Togo Binongko sehingga jalan yang terputus akibat ombak besar tersebut sudah bisa dilalui kembali.

Menurut dia, TNI sangat berperan dalam membantu kesulitan masyarakat sehingga dia mengapresiasi langkah yang dilakukan Babinsa yang bersinergi bersama warga untuk memperbaiki jalan.

"Peran TNI khususnya Babinsa sebagai garda terdepan sungguh sangat berarti dan dibutuhkan masyarakat khususnya di wilayah kami. Olehnya itu, kami berterima kasih atas perhatiannya seperti pada perbaikan jalan tersebut," kata Anawi.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024