Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara menyebutkan, dari 17 kabupaten kota di Sultra hanya di Kabupaten Kolaka Timur yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan petir pada Kamis pukul 13.00 Wita hingga sore hari.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie dalam keterangan rilis yang diterima, Kamis mengatakan hanya tiga wilayah kecamatan yang diprediksi hujan sedang hingga lebat sementara sembilan desa lainnya lainnya cerah berawan.

"Tiga wilayah kecamatan yang diperkirakan hujan sedang dan lebat yakni Loea, Ladongi, Poli Polia, dan sekitarnya," ujarnya.

Faizal menambahkan, meskipun hanya Kolaka Timur yang diprediksi hujan sedang hingga disertai kilat dan petir, namun diperkirakan dapat meluas ke wilayah kabupaten lain di Sultra,

Di Kabupaten Kolaka misalnya juga akan terjadi hujan ringan di wilayah kecamatan Wundulako, Pomalaa, Baula, dan Tanggetada, Kabupaten Konawe: di wilayah kecamatan Lambuya, Puriala, dan Onembute, Kabupaten Konawe Selatan di kecamatan Angata dan Benua, Kabupaten Konawe Utara: di Wiwirano, Langgikima, Oheo, Lasolo Kepulauan, Landawe, dan Kabupaten Kolaka Timur: Tirawuta, Lambandia, Lalolae, Aere, Dangia, dan sekitarnya.

Adapun kondisi suhu udara yang terjadi pada hari itu antara 23 - 32 derajat selsius, kelembaban udara antara 65 - 95 persen dengan kecepatan angin dari Barat Daya - Barat Laut / 2 - 40 km/jam.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat baik pengguna jasa transportasi laut maupun darat untuk tetap waspada karena kondisi cuaca untuk beberapa hari ke depan ini masih ekstrem sehingga dianjurkan selalu mengupdate informasi terkini melalui BMKG yang setiap saat di rilis melalui http://www.bmkg.go.id
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024