Kendari (ANTARA) -
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sidak di dua pasar yang ada di ibu kota Kabupaten Buton, Pasarwajo, yaitu Pasar Shabo dan Kaloko menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.. 

Keterangan  dari Humas Buton yang diterima, Jumat, sidak yang dilakukan TPID ini melibatkan Forkopimda dan instansi vertikal lingkup Pemkab Buton dipimpin langsung Sekretaris Daerah Buton selaku Ketua Harian TPID Kabupaten Buton, Asnawi Jamaluddin.

Menurut Sekda, pemantauan di pasar dilakukan untuk memantau harga dan mengecek stok barang yang ada di pasar Shabo dan Kaloko menjelang natal dan tahun baru. 

"Untuk memastikan ketersediaan bahan pokok di pasaran, menjaga stabilitas harga sehingga tidak terjadi lonjakan. Utamanya sembako menjelang Natal dan Tahun Baru, Operasi ini dilaksanakan di dua Pasar yaitu, Pasar Kaloko di Kelurahan Takimpo dan di Pasar Sabho Kelurahan Saragi wilayah Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton," ucap Sekda. 

Ia berharap dengan sidak ini inflasi di Kabupaten dapat terkendali dengan baik. Ia juga menyebut, selain sidak pasar, juga ada upaya lain yang dilakukan Pemkab Buton yakni pemanfaatan pekarangan untuk ditanami dengan tanaman seperti Lombok dan sayuran. 

"Diharapkan dengan kehadiran TPID, kami bisa mendapatkan informasi yang akurat terkait dengan harga, terutama mendekati nataru diharapkan harga stabil, masyarakat terbantu, dan harga-harga bahan pokok tercukupi," terangnya. 

Amatan di lapangan TPID mengunjungi pasar dan lods ikan serta sempat berdialog dengan para pedagang. 

"Untuk beberapa bulan ke depan stok kita masih aman dan untuk harga masih belum melampaui ambang batas," tutur Sekda Buton.


 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024