Kendari (ANTARA) - Sebanyak 300 personel Satuan Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara, melakukan vaksinasi influenza guna mencegah tubuh agar tidak terkena penyakit flu saat melakukan operasional di lapangan.

Kepala Bagian Operasional (KBO) Brimob Polda Sultra AKP Asri Diyni dalam keterangan tertulisnya diterima di Kendari, Jumat mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tersebut merupakan program preventif Polri yang dilakukan dengan menggandeng Rumah Sakit Bhayangkara Tk II Kendari.

"Kegiatan ini melibatkan Tim Medis Klinik Satbrimob Polda Sultra yang bekerja sama dengan Tim Medis Rumah Sakit Bhayangkara untuk membatu dalam hal pelaksanaan dan pemberian vaksin kepada personel Satuan Brimob Polda Sultra," katanya.

Asri menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan vaksin influenza yang diberikan kepada personel Brimob Polda Sultra, dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus demi menghadapi dan kesiapan pelaksanaan tugas di lapangan.

Menurut Asri, setiap hari pasukan Satuan Brimob Polda Sultra lebih banyak di lapangan, untuk itu dia berharap dengan pemberian vaksin influenza dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga personel Polri yang bertugas di lapangan dapat bekerja secara maksimal.

"Untuk personel yang menerima vaksin influenza pada hari ini yaitu sebanyak 300 personel dari Brimob Sultra sesuai dengan target yang diberikan oleh Rumah sakit Bhayangkara. Alhamdulillah tercapai sesuai dengan target yang diberikan," ujar AKP Asri yang mewakili Komandan Satuan Brimob Polda Sultra Kombes Pol Adarma Sinaga.

Ketua Pelaksana Vaksinasi Influenza Nurnaningsih mengatakan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa pasien yang telah melakukan vaksin flu tahunan sebelum tertular virus memiliki tingkat perlindungan yang sangat baik.

"Selain kegiatan vaksin juga dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin untuk meningkatkan kesehatan personel Brimob Sultra," katanya.

Ia menambahkan, demi kesehatan anggota kepolisian dan kelancaran pelayanan publik yang diberikan, pihaknya berkomitmen penuh bahwa giat-giat pelayanan kesehatan akan terus diberikan baik pada lingkungan Polri maupun masyarakat umum.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024