Kendari (ANTARA) - PT. Pelni Cabang Baubau Sulawesi Tenggara menyebutkan sejumlah kapal yang akan diperbantukan sementara pada ruas Belawan, Batam, Bitung, Papua dan Tanjung Priok dalam rangka melayani angkutan perayaan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Dari PT Pelni Cabang Baubau itu nantinya akan ada beberapa kapal yang akan diperbantukan, misalnya KM Dorolonda diprediksi mendekati hari Natal akan ditarik sementara untuk membantu ruas antara Tanjung Priok (Jakarta), Belawan, Batam (PP) karena diperkirakan banyaknya penumpang di ruas itu," kata Kepala PT Pelni Cabang Baubau Juni Samsudin Sitorus di Baubau, Sabtu.

Ia menyampaikan rencana pergeseran sementara sejumlah armada kapal sebagai kesiapan pihaknya dalam rangka menghadapi dan memberikan pelayanan pada momen perayaan libur Natal dan Tahun Baru.

"Jadi untuk sementara waktu kapal Dorolonda akan diperbantukan ke arah barat, tetapi tetap nanti akan kembali normal sampai ke Papua pot (Pelabuhan)," ujar mantan Kepala Cabang Pelni Merauke ini.

Ia mengatakan pada tahun-tahun sebelumnya, secara umum angkutan penumpang kapal jelang Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Baubau tidak begitu signifikan namun tetap berjalan normal. Berbeda pada saat arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri, arus penumpang di pelabuhan Murhum lebih meningkat.

"Kalau untuk Natal dan Tahun Baru di pelabuhan Baubau biasa saja, biasa lebih meningkat pada saat Lebaran Idul Fitri, tetapi kita PT Pelni tetap menyiapkan armada dalam rangka melayani perayaan libur Nataru itu, cuman memang nanti di momen menjelang Natal ada beberapa kapal yang diperbantukan yang prediksi angkutan Natal-nya meningkat," katanya.

Kemudian dalam rangka melayani angkutan Natal dan Tahun Baru, lanjut dia, KM Jetliner pun sudah siap beroperasi kembali usai menjalani perawatan rutin tahunan atau docking. KM Jetliner akan diperbantukan pada rute Kendari-Wanci-Baubau.

"Jadi dari PT Pelni Cabang Baubau itu nanti sama seperti tahun lalu akan mengoperasikan tujuh kapal tipe 2.000 dan empat kapal tipe 1.000, jadi ada 11 kapal untuk cabang Baubau dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru," ujar mantan Kepala Cabang Serui ini.

Disamping itu, tambah JS Sitorus, pada tahun 2023 mendatang ada satu kapal yakni KM Labobar yang nantinya akan singgah di pelabuhan Baubau. "Yang istilahnya kapal tersebut di line B, sehingga tahun depan akan ada tambahan armada kapal yang masuk," ucap dia.

Ia mengimbau calon penumpang agar bisa membeli tiket jauh-jauh hari dan tidak melalui calo yang akan merugikan bagi calon penumpang itu sendiri.

"Ada beberapa travel yang sudah kita kerja samakan di Baubau maupun pembelian secara online sehingga mempermudah calon penumpang yang akan berangkat. Kemudian hindari calo yang akan merugikan calon penumpang itu sendiri, kam harapkan kalau memang ragu silahkan datang ke kantor Pelni Cabang Baubau kami siap melayani," katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024