Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara memprakirakan hujan ringan hingga lebat terjadi di beberapa wilayah kabupaten/kota di provinsi itu.

Koordinator Observasi dan Informasi Bidang Maritim Kendari Faizal Habibie di Kendari, Minggu, menyebutkan potensi terjadi hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai kilat dan angin kencang diprakirakan terjadi pada Minggu hingga sore atau petang hari.

Hujan ringan dapat terjadi di Kabupaten Kolaka meliputi Kecamatan Pomalaa, Watubangga, Baula dan Kecamatan Tanggetada. Di Kabupaten Muna di wilayah Maligano, Lasalepa, Batalaiwaru, Katobu, Duruka, Lohia, Watopute, Kontunaga, Kabawo dan Kecamatan Tongkuno.

Di Kabupaten Buton: Pasarwajo, Lasalimu, Lasalimu Selatan dan Wabula. Di Kabupaten Konawe Selatan di Kecamatan Konda dan Wolasi.

Di Kabupaten Bombana: Rarowatu, Rumbia, Kabaena, Kabaena Timur, Poleang Barat, Mata Oleo, Rarowatu Utara, Poleang Utara, Kabaena Selatan, Kabaena Utara, Kabaena Tengah, Rumbia Tengah, Tontonunu, Lantari Jaya, Mata Usu, dan di Kabupaten Wakatobi hujan berpotensi di wilayah Kecamatan Wangi-wangi dan sekitarnya.

Kabupaten Buton Utara di wilayah Kulisusu Barat, Kabupaten Kolaka Timur di Ladongi, Poli Polia, Lambandia, Aere, Kabupaten Konawe Kepulauan di wilayah Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan, Wawonii Tengah, Kabupaten Muna Barat: Lawa, dan Wadaga, serta di Kabupaten Buton Tengah di wilayah kecamatan Mawasangka Tengah, Mawasangka, dan sekitarnya.

Hujan dapat meluas ke wilayah Kabupaten Kolaka Wundulako, Kolaka, Wolo, Latambaga, Samaturu, Toari, Polinggona, Iwoimendaa, Kabupaten Konawe di Lambuya, Sampara, Uepai, Besulutu, Routa, Onembute, Kabupaten Muna di Napabalano, Wakorumba Selatan, Kabangka, Parigi, Bone, Pasir Putih, Kontu Kowuna, Marobo, Tongkuno Selatan, Pasi Kolaga, Batukara dan Towea.

Di Kabupaten Buton Kapontori meliputi wilayah Siotapina, dan Wolowa, Kabupaten Konawe Selatan di Landono, Lainea, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Laonti, Moramo Utara, Laeya, Baito, Ranomeeto Barat, Kolono Timur, Sabulakoa, Kabupaten Bombana: Poleang, Poleang Timur, Poleang Tenggara, Kabaena Barat, Poleang Tengah, Kabupaten Wakatobi di Tomia, Wangi Wangi Selatan, Kaledupa Selatan, Tomia Timur, Kabupaten Kolaka Utara di kecamatan Wawo.

Kabupaten Konawe Utara di Wiwirano, Langgikima, dan Landawe, Kabupaten Buton Utara meliputi Kambowa, Bonegunu, Kulisusu Utara, Wakorumba Utara, Kabupaten Kolaka Timur di kecamatan Tirawuta, Loea, Lalolae, Mowewe, Uluiwoi, Tinondo, Ueesi, dan kecamatan Dangia, Kabupaten Muna Barat: di wilayah Sawerigadi, Barangka, Tiworo Selatan, Maginti, Tiworo Tengah, Tiworo Kepulauan, Kusambi, Napano Kusambi.

Kabupaten Buton Tengah di Lakudo, Mawasangka Timur, Talaga Raya, Gu, Kabupaten Buton Selatan: Sampolawa, Lapandewa, Kota Kendari di wilayah kecamatan Baruga, Poasia, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kambu, Nambo, serta Kota Bau Bau di Sorawolio, dan sekitarnya.

Adapun suhu udara antara 24 - 32 derajat Celsius dengan kelembaban udara 65 - 95 persen serta kecepatan angin bertiup dari Barat Daya ke Barat Laut per 2 - 20 kilo meter per jam.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024