Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara menyebutkan kondisi cuaca di wilayah Sultra pada awal Desember 2022 masih berpotensi hujan sedang hingga lebat dalam beberapa hari ke depan.

Koordinator Observasi dan Informasi Bidang Maritim Kendari Faizal Habibie di Kendari, Kamis, menyebutkan cuaca yang masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir serta angin kencang diprakirakan terjadi pada pukul 02.30 Wita, di beberapa kabupaten/kota di Sultra.

Di Kabupaten Kolaka berpeluang terjadi hujan sedang di Kecamatan Wundulako, Kolaka, Latambaga, dan Samaturu, Kabupaten Muna di Kecamatan Maligano, Wakorumba Selatan, Lasalepa, Batalaiwaru, Katobu, Duruka, Lohia, Watopute, Tongkuno, Batukara, Kabupaten Konawe Selatan di Kecamatan Tinanggea, Angata, Andoolo, Palangga, Landono, Lainea, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Laonti, Lalembuu, Palangga Selatan, Mowila, Moramo Utara, Buke, Wolasi, Laeya, Baito, Ranomeeto Barat, Kolono Timur, Sabulakoa dan Andoolo Barat.

Kabupaten Bombana sebagian di Kecamatan Rarowatu, Rumbia, Rarowatu Utara, dan Lantari Jaya, Kabupaten Wakatobi di Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, Wangi Wangi Selatan, Kaledupa Selatan, Kabupaten Konawe Utara berpeluang hujan ringan di Kecamatan Asera, sedangkan wilayah lainnya cerah berawan.

Kabupaten Buton Utara berpotensi hujan sedang di Kulisusu, Kambowa, Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, dan Wakorumba Utara, Kabupaten Kolaka Timur di Kecamatan Loea, Ladongi, Lalolae, Mowewe, Uluiwoi, Tinondo, Kabupaten Konawe Kepulauan di Kecamatan Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan, Kabupaten Muna Barat di Sawerigadi, Lawa, Tiworo Kepulauan, Kusambi, dan Kota Kendari di Kecamatan Baruga, Poasia, Kambu, Nambo, dan sekitarnya.

Hujan juga dapat meluas ke Kabupaten Kolaka yang meliputi Kecamatan Pomalaa, Watubangga, Wolo, Baula, Tanggetada, Toari, Polinggona, Iwoimendaa, Kabupaten Konawe di Lambuya, Unaaha, Wawotobi, Pondidaha, Sampara, Abuki, Soropia, Tongauna, Latoma, Puriala, Uepai, Wonggeduku, Besulutu, Bondoala, Routa, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, Asinua, Konawe, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Onembute, Padangguni, Morosi, Anggalomoare, Wonggeduku Barat, Anggotoa, dan Tongauna Utara.

Di Kabupaten Muna juga berpeluang hujan kembali di Napabalano, Kontunaga, Kabangka, Kabawo, Pasir Putih, Kontu Kowuna, Pasi Kolaga, Kabupaten Buton di Pasarwajo, Kapontori, Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siotapina, Wolowa, Wabula, Kabupaten Konawe Selatan di Kecamatan Benua dan Basala.

Kabupaten Bombana di Poleang, Poleang Timur, Kabaena, Kabaena Timur, Poleang Barat, Mata Oleo, Poleang Utara, Poleang Selatan, Poleang Tenggara, Kabaena Selatan, Kabaena Barat, Kabaena Utara, Kabaena Tengah, Rumbia Tengah, Poleang Tengah, Tontonunu, Mata Usu, Kabupaten Wakatobi di kecamatan Binongko, Tomia Timur, Togo Binongko, Kabupaten Kolaka Utara di Kecamatan Rante Angin dan Wawo.

Di Kabupaten Konawe Utara hujan ringan di Wiwirano, Langgikima, Molawe, Lasolo, Lembo, Sawa, Oheo, Andowia, Motui, Lasolo Kepulauan, dan Landawe, Kabupaten Kolaka Timur di Tirawuta, Poli Polia, Lambandia, Aere, Ueesi, Dangia, Kabupaten Konawe Kepulauan di Wawonii Barat, Wawonii Tengah, Kabupaten Muna Barat: Barangka, Wadaga, Tiworo Selatan, Maginti, Tiworo Tengah, Tiworo Utara, dan Napano Kusambi.

Kabupaten Buton Tengah di Mawasangka Timur, Mawasangka Tengah, Mawasangka, Talaga Raya, Kabupaten Buton Selatan: Batauga, Sampolawa, Lapandewa, Kota Kendari di Mandonga, Kendari, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kota Bau Bau di Betoambari, Wolio, Sorawolio, Bungi, Kokalukuna, Murhum, Lea-lea, dan sekitarnya.

Suhu udara yang terjadi hari ini dengan kisaran 24-32 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 65-95 persen serta kecepatan angin dari barat daya ke barat laut rata-rata per 2-20 kilometer per jam.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024