Kendari (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Canggal Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar sosialisasi pentingnya tanaman obat (TOGA) untuk menjaga kesehatan masyarakat desa setempat.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Canggal pada tanggal 10 November 2022 tersebut diikuti oleh ibu-ibu PKK desa tersebut dan mendapat dukungan Dinas Kesehatan Puskesmas Kecamatan Kledung.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat Desa Canggal semakin sadar akan pentingnya tanaman obat-obatan dan memiliki antusias yang tinggi untuk menggalakkan tanaman obat-obatan ini.
 
  Mahasiswa KKN Unnes Semarang sedang melakukan sosialisasi tentang pentingnya tanaman obat kepada masyarakat di Desa Canggal Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. (Antara/HO-mahasiswa KKN Unnes)
Indonesia sebagai negara agraris memiliki kekayaan alam yang melimpah dan banyaknya jenis tanaman dan rempah-rempah, salah satu jenisnya yaitu Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang berkhasiat dan dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

Menanam tanaman TOGA sangatlah mudah dan dapat ditanam pada lingkungan rumah. Seiring berkembangnya teknologi dan gaya hidup yang modern tanaman TOGA mulai terlupakan oleh masyarakat. Tanaman TOGA merupakan tanaman obat keluarga yang sering dijumpai di daerah pedesaan. Tanaman TOGA merupakan sebuah jenis tanaman yang digunakan masyarakat sebagai obat herbal.  
 

Pewarta : ---
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024