Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari menyebutkan kondisi cuaca di wilayah Sulawesi Tenggara kembali berpotensi hujan sedang hingga lebat dalam beberapa hari ke depan.

Koordinator Observasi dan Informasi Bidang Maritim Kendari, Faizal Habibie di Kendari, Selasa, menyebutkan prakiraan cuaca yang masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai kilat/petir serta angin kencang diperkirakan terjadi pukul 14.30 Wita hingga sore menjelang petang di beberapa wilayah kabupaten di Sultra.

Di Kabupaten Kolaka diperkirakan terjadi di Kecamatan Wolo, dan Iwoimendaa, Kabupaten Konawe di wilayah kecamatan Abuki, Soropia, Latoma, Routa, Asinua, dan Kabupaten Muna di Kecamatan Maligano.

Kabupaten Buton juga akan turun hujan di wilayah kecamatan Pasarwajo, Kapontori, Lasalimu, Siotapina, dan Wolowa, Kabupaten Konawe Selatan di Kecamatan Tinanggea, Palangga, Palangga Selatan, Kabupaten Kolaka Utara: Lasusua, Pakue, Batu Putih, Rante Angin, Kodeoha, Ngapa, Wawo, Lambai, Watunohu, Pakue Tengah, Pakue Utara, Porehu, Katoi, Tiwu, dan Kecamatan Tolala.

Begi juga di Kabupaten Konawe Utara juga diperkirakan hujan sedang hingga lebat di wilayah kecamatan Asera, Wiwirano, Langgikima, Molawe, Lasolo, Sawa, Oheo, Andowia, Motui, Wawolesea, Lasolo Kepulauan, Landawe, dan Kabupaten Buton Utara pada wilayah Kecamatan Kulisusu, Bonegunu, Kulisusu Barat, dan Kulisusu Utara, Kabupaten Kolaka Timur di wilayah Ueesi.

Dan Kabupaten Buton Tengah di wilayah kecamatan Lakudo, Gu, Sangia Wambulu, Kota Kendari di kecamatan Poasia, dan Kambu, serta Kota Bau Bau berpotensi hujan di wilayah Sorawolio, Bungi, Lea-lea, dan sekitarnya.

"Selain beberapa kabupaten yang alami hujan, juga dapat meluas ke wilayah Kabupaten Kolaka, Konawe, Muna, Buton, Konawe Selatan Buton Utara, Konawe Utara , Buton Utara, Buton Selatan, Kota Kendari, dan Kota Baubau," ujar Habibie.

Ia juga menyebutkan bahwa suhu udara yang akan terjadi pada hari ini antara 24-32 derajat celsius dengan kelembaban udara antara 65 - 95 persen dengan kecepatan angin bertiup dari Barat daya ke barat laut per 2 - 30 kilometer per jam.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024