Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara menyebutkan ada lima kabupaten di Sultra berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Kordinator Observasi dan Informasi Bidang Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie di Kendari, Sabtu, menyebutkan peringatan dini cuaca di Sulawesi Tenggara berlaku hari ini, sejak pukul 10.00 Wita hingga sore hari.

Sebanyak lima kabupaten yang diprediksi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan kilat, yakni Kolaka meliputi Kecamatan Watubangga, Tanggetada, dan Polinggona.

Kabupaten Buton di Kecamatan Pasarwajo, Kapontori, Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siotapina, Wolowa, sedangkan Kabupaten Wakatobi di Kecamatan Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko, Wangi Wangi Selatan, Kaledupa Selatan, Tomia Timur, Togo Binongko.

Kabupaten Kolaka Timur di Kecamatan Aere, dan Kota Baubau di Kecanatan Sorawolio, dan sekitarnya.

Prakiraan kondisi cuaca, katanya, dapat juga meluas ke Kabupaten Kolaka meliputi Kecamatan Pomalaa, Baula, Toari, Kabupaten Muna di Kecamatan Maligano, Kabupaten Buton di Wabula, dan Kabupaten Konawe Selatan di Laonti, Kolono Timur.

Selain itu, di Kabupaten Bombana meliputi Kecamatan Rarowatu, Rumbia, Poleang Barat, Mata Oleo, Rarowatu Utara, Kabaena Utara, Kabaena Tengah, Lantari Jaya, Mata Usu.

Kabupaten Buton Utara di Kulisusu, Kambowa, Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, Wakorumba Utara, Kabupaten Kolaka Timur di Poli Polia, Kabupaten Konawe Kepulauan meliputi Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara.

Kabupaten Buton Tengah di Lakudo, Mawasangka Timur, Gu, Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Selatan di Kecamatan Batauga, Sampolawa, Lapandewa, Siompu Barat, Siompu, dan Kadatua,

Kota Baubau berpotensi di Kecamatan Betoambari, Wolio, Bungi, Kokalukuna, Murhum, Lea-lea, Batupoaro, dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 22.30 Wita," tuturnya.



Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024