Kendari (ANTARA) -
Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengatakan kehadiran Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton sebagai salah satu perguruan tinggi pertama diharapkan sebagai pilar masa depan kemajuan pembangunan sektor kelautan dan perikanan.

Pernyataan itu disampaikan Ali Mazi saat menyampaikan kuliah perdana di hadapan ratusan mahasiswa, yang sebelumnya dirangkaikan pelantikan Rektor ITK Buton pertama Prof Ir.La Sara, MSi, PhD dalam rilis yang diterima di Kendari,  Selasa.

"Kita baru saja mengikuti prosesi pelantikan rektor dan pejabat lain di lingkup ITK Buton. Untuk itu, selamat atas pelantikannya. Semoga saudara-saudari sekalian, dapat sukses menjalankan amanah yang diberikan, menjadikan ITK Buton sebagai lembaga pendidikan terkemuka dan menjadi pilar masa depan kemajuan pembangunan sektor kelautan dan perikanan untuk kemajuan daerah dan bangsa kita tercinta," ucap Ali Mazi.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Ketua DPRD Sultra, Kapolda Sultra, Kajati Sultra, Danrem 143 Halu Oleo, Kabinda,  para bupati dan wali kota se-Sultra unsur Forkopimda Sultra termasuk Ketua Yayasan Sultra Raya Dua Ribu Dua Puluh, Alvin Akawijaya Putra.

“Mengawali pidato ini, saya sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara yang juga selaku Pembinan Yayasan Sultra Raya Dua Ribu Dua Puluh menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada saudara-saudari sekalian atas kesediaan waktunya menghadiri acara ini. Sesungguhnya acara ini sudah lama direncanakan, tetapi baru dapat dilaksanakan pada kesempatan ini,” kata Gubernur Ali Mazi.

Selanjutnya, Gubernur Ali Mazi ucapkan selamat mengikuti kegiatan pengenalan kampus dan pembinaan karakter kepada mahasiswa baru ITK Buton. Semoga melalui kegiatan ini terbangun rasa kekeluargaan yang penuh keakraban, baik di antara sesama mahasiswa, maupun mahasiswa dengan segenap sivitas akademika ITK Buton, serta menjadi bekal awal dalam menempuh pendidikan di bangku perkuliahan dalam lingkungan kampus ITK Buton.

“Pada kesempatan ini, saya sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara ingin menyampaikan beberapa pemikiran tentang “bagaimana menyambut masa depan Kelautan Dan Perikanan Indonesia yang menyejahterakan masyarakat melalui ITK Buton,” kata Gubernur Ali Mazi.

Bangsa Indonesia sungguh sangat luar biasa diciptakan oleh Allah Subhanahu Wata’ala, karena di dalamnya terdapat Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam yang sangat beragam dan melimpah, sehingga menjadi pembeda dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia.


Gubernur Ali Mazi sangat yakin bahwa ITK Buton secara perlahan dapat mewujudkan harapan besar ini. Rektor dan segenap civitas akademi ITK Buton harus bekerjasama saling mendukung memajukan ITK Buton secara internal, dan bersama dengan stakeholder, yang meliputi pemerintah /pemerintah daerah, industri/swasta, lembaga masyarakat, media, dan masyarakat secara luas.

Ali Mazi yakin bahwa ITK Buton secara perlahan dapat mewujudkan harapan besar ini. Rektor dan segenap sivitas akademi ITK Buton harus bekerjasama saling mendukung memajukan ITK Buton secara internal, dan bersama dengan stakeholder, yang meliputi pemerintah /pemerintah daerah, industri/swasta, lembaga masyarakat, media, dan masyarakat secara luas.

Di bagian akhir sambutan Gubernur Ali Mazi, secara simbolis menyerahkan bantuan beasiswa kepada 85 orang mahasiswa ITK Buton.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024