Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi melepas rombongan Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke VI Korpri tingkat nasional tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Gubernur Ali Mazi dalam keterangan Juru Bicara Gubernur Ilham Q. Moehiddin diterima di Kendari, Senin mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik keikutsertaan kafilah Sulawesi Tenggara pada kegiatan MTQ Korpri nasional tersebut.

"Kepada peserta, berjuang-lah untuk mengharumkan nama daerah Sulawesi Tenggara dengan capaian prestasi terbaik sebagaimana yang telah diraih sebagai Juara Umum MTQ ke-3 Korpri tingkat nasional tahun 2016 di Samarinda Provinsi Kalimantan Timur," katanya.

Gubernur menilai MTQ sebagai salah satu kegiatan Musabaqah Al Qur’an diyakini mampu menjadi sarana peningkatan pemahaman terhadap nilai-nilai ajaran Al-Qur’an.

Menurutnya MTQ Korpri menjadi salah satu momentum strategis dalam membentuk karakter/watak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang senantiasa mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan, serta membangun keteladanan dan semangat pengabdian kepada masyarakat.

Hal tersebut, lanjut Gubernur diamanahkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil.

“Bagi kita di Sulawesi Tenggara, kegiatan MTQ Korpri menjadi salah satu upaya penguatan implementasi Program Sultra Beriman, sebagai salah satu Program Prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara," ujar Ali Mazi.

Berdasarkan Surat Edaran Dewan Pengurus Korpri Nasional Nomor 6 Tahun 2022, MTQ ke-6 Korpri Tingkat Nasional Tahun 2022 pelaksanaannya dipusatkan di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Gubernur meminta segenap pelatih dan official agar memberi perhatian dan bimbingan kepada peserta untuk dapat tampil secara optimal.

"Sebagai duta Sulawesi Tenggara, jagalah nama baik daerah dengan bersikap santun dan senantiasa menjaga kekompakan dan kebersamaan," ucap Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi juga mengingatkan bahwa MTQ Korpri tidak dimaknai sebatas kegiatan musabaqah untuk meraih prestasi juara semata, namun hal yang jauh lebih penting dan utama adalah dapat menjadi motivasi dalam mempelajari, memahami dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an.

"Dalam rangka meningkatkan kualitas akhlaq sekaligus kualitas kinerja Pegawai Negeri Sipil khususnya, dan secara umum dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Ali Mazi.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024