Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), telah membentuk Satuan tugas (Satgas) penataan kota yang akan memaksimalkan persiapan Pemkot Kendari menghadap[i penilaian Adipura.

"Satuan tugas ini dibentuk sebagai bagian dari mitigasi bencana di Kota Kendari. Sekaligus persiapan menghadapi penilaian Adipura," kata Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, saat rapat evaluasi di Kendari, Kamis.

Penataan kota yang dilakukan satgas saat kali ini menyusuri Jalan Made Sabara untuk menebang batang pohon yang berpotensi membahayakan pengguna jalan.

"Pohon yang di pinggir jalan itu kelihatannya kokoh, tetapi saat kita tebang sudah mulai lapuk dalamnya, berbahaya sekali buat pengguna jalan, apalagi kalau ada yang parkir di bawahnya," katanya.

Dikatakan, penataan juga akan dilakukan pada lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) di seputaran jembatan kuning Bungkutoko Kecamatan Abeli dan Kendari Beach serta wilayah lainnya.

Satgas penataan kota kata Asmawa, juga bakal menertibkan parkir liar dan anak jalanan yang sering berada di perempatan lampu merah untuk diberikan pembinaan.

"Kalau malam kan ramai, saya setuju itu biarlah masyarakat ada aktivitas disana. Tapi maksud saya kalau pagi itu gerobak tidak disitu lagi, jangankan itu masih ada yang pasang tenda," katanya.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024