Kendari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendorong penyerapan angkatan kerja di daerah tersebut.

Kepala BPVP Kendari La Ode Haji Polondu di Kendari, Jumat mengatakan upaya yang dilakukan dalam mendorong penyerapan angkatan kerja salah satunya melalui Festival Pelatihan Vokasi sehingga memberikan informasi dan memfasilitasi pemangku kepentingan, termasuk pencari kerja dan pemberi kerja.

“Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan, yang berlaku sama bagi para pelaku dunia usaha dan industri untuk merekrut tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri atau usahanya.

Dia menyampaikan dalam festival tersebut ada sekitar 234 lapangan kerja terbuka yang ditawarkan lima dunia usaha dan industri bagi para angkatan kerja khususnya alumnus BPVP Kendari.

Ia menyebut, lima perusahaan yang melakukan perekrutan yaitu Matahari Lippo Plaza sebanyak 200 tenaga kerja, PT Wahana Mega Putra Makassar sebanyak tujuh tenaga kerja, PT Esta Dana Ventura sebanyak tiga tenaga kerja, PT Anugrah Bakti Sentosa sebanyak 20 tenaga kerja, dan Salon Prima sebanyak empat tenaga kerja. 

"Ada juga perekrutan tenaga kerja yang dilakukan secara online karena tidak dapat hadir langsung di BPVP Kendari. Untuk perekrutannya bisa langsung mendaftar melalui aplikasi siap kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan nanti akan dilakukan seleksi oleh pihak perusahaan," jelasnya.

Staf Ahli Gubernur Sultra Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Boy Ihwansyah mengapresiasi langkah yang dilakukan BPVP Kendari dalam memfasilitasi penyerapan angkatan kerja.

"Tentu kegiatan ini memberikan peluang bagi para angkatan kerja, bisa mendapatkan lapangan pekerjaan,” katanya.

Ia juga mengaku bahwa pihaknya terus berupaya melakukan terobosan dalam mempersiapkan angkatan kerja yang kompeten dan berdaya saing untuk memenuhi pasar-pasar kerja yang ada di Sultra bahkan nasional dengan terus mendukung langkah yang dilakukan BPVP Kendari.

Ia menyampaikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi, mengamanatkan kepada pemerintah dan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja untuk bersama-sama memikul tanggung jawab menyiapkan sumber daya manusia tenaga kerja Indonesia yang berkualitas.

Wakil Ketua Kadin Sultra Sastra Alamsyah mengatakan bahwa pihaknya masih mengupayakan penyerapan tenaga kerja khususnya alumnus BPVP Kendari untuk bisa diterima diberbagai perusahaan-perusahaan tambang yang ada di Sultra.

“Selain itu kami juga akan memberikan bantuan modal bagi alumni BPVP Kendari yang meraih predikat kompeten terbaik dalam pengembangan usahanya agar dapat berwirausaha secara mandiri. Kami akan bantu secara optimal sebagai wujud kerjasama kami dengan BPVP Kendari yang telah menciptakan tenaga-tenaga kerja kompeten dan berdaya saing tinggi,” katanya.

Beberapa kegiatan Festival Pelatihan Vokasi yang dilaksanakan BPVP Kendari mulai Talk Show, Fashion Show, Job Fair (penyelenggaran bursa kerja yang memungkinkan perekrutan tenaga kerja), pelatihan anyaman bagi penyandang disabilitas.

Selain itu, demo instruktur berupa service sepeda motor dan potong rambut gratis, demo masak yang dilakukan finalis master chef Indonesia La Ode Saiful Rahman, senam sehat, donor darah yang terbuka secara umum.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024