Kendari (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar donor darah dan edukasi soal berlalu lintas sejak dini kepada anak TK dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Sultra Rajulan di Kendari, Sabtu (17/9), mengatakan aksi sosial dilakukan dalam rangka membantu Palang Merah Indonesia (PMI) di daerah itu dalam menyediakan pasokan darah bagi masyarakat.

"Dishub Sultra juga melakukan edukasi berlalu lintas yang diperagakan oleh anak-anak dari TK Graha Asri," katanya.

Sosialisasi berlalu lintas yang menyasar anak-anak TK dilakukan pihaknya agar menanamkan budaya taat aturan kepada anak-anak sejak dini sehingga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Edukasi dilakukan Dinas Perhubungan Sultra usai menggelar upacara peringatan Harhubnas 2022 di halaman kantor tersebut yang diikuti seluruh mitra Dishub, merupakan instruksi langsung dari Kementerian Perhubungan.

Peringatan Harhubnas 2022 yang dipusatkan di Dishub Sultra melibatkan seluruh mitra kerja Dishub, seperti ASDP, Pelindo, KSOP, pihak bandara, navigasi, hingga instansi pelayaran.

Dalam menyemarakkan peringatan Hari Perhubungan Nasional 2022, Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara juga menggelar kegiatan vaksinasi COVID-19 dan kegiatan sosial berbagi dengan beberapa panti asuhan di Kota Kendari

Dishub Sultra juga menggelar beberapa kegiatan hiburan dan olahraga di hari sebelumnya, di antaranya lomba bola gotong, lomba balap karung, lomba tenis meja, hingga lomba karaoke.

Menurutnya, pergelaran ragam lomba di momen peringatan Harhubnas 2022, menjadi ajang silaturahim dan memupuk kembali persaudaraan yang sudah lama renggang akibat pandemi COVID-19.

“Soal hadiah itu urusan belakangan yang terpenting itu kebersamaan dan kekompakan kita menyambut hari bersejarah perhubungan, sekaligus kita pupuk kembali silaturahmi yang hampir dua tahun ini akibat pandemi,” ujar dia.

Ia berharap Harhubnas 2022 dapat membawa dampak positif, terutama terhadap kinerja-kinerja Dinas Perhubungan serta pelayanan angkutan transportasi, baik darat, laut, hingga udara.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024