Kendari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara saat ini tengah melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan rusak sepanjang 299,05 kilometer yang masuk kewenangan di tahun 2022.

Gubernur Sultra Ali Mazi di Kendari, Selasa mengatakan dari total ruas jalan di Sulawesi Tenggara sepanjang 12.864,84 kilometer, yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi sepanjang 1.009,28 kilometer, dengan kondisi jalan telah diaspal dengan baik sepanjang 710,23 km.

"Belum diaspal sepanjang 299,05 km atau masih dalam tahap perbaikan dan akan segera dituntaskan," kata Gubernur saat ekspose 4 tahun masa kepemimpinan bersama Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas.

Gubernur menyebut, Pemerintah Sulawesi Tenggara fokus dalam pembangunan dan infrastruktur dasar berupa jalan, dermaga, sarana dan prasarana pendidikan, serta infrastruktur lainnya.

Dia mengatakan, khusus pembangunan dan pembenahan jalan, difokuskan pada wilayah perbatasan antardaerah, untuk meningkatkan koneksi antar wilayah dan aksesibilitas yang baik dalam mendukung pergerakan orang dan barang.

Pada tahun 2021, lanjut dia, sejumlah jalan penghubung batas antar wilayah kabupaten dalam provinsi Sulawesi Tenggara direhabilitasi dengan menggunakan DAK Provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak Rp107 miliar.

"Pada tahun 2022 ini, program perbaikan jalan penghubung antar kabupaten tersebut dilanjutkan pada sejumlah wilayah," ujar Gubernur.

Gubernur menyebut, berdasarkan data Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sulawesi Tenggara, saat ini sekitar 183,79 km jalan yang rusak terdapat di 11 kabupaten/kota yakni Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Kolaka, Kolaka Utara, Buton, Buton Utara, dan Kabupaten Muna.

Gubernur Ali Mazi mengaku bahwa dirinya bersama Wakil Gubernur Lukman Abunawas menyadari dalam empat tahun memimpin, masih terdapat kekurangan sehingga menjadi pekerjaan rumah untuk lebih giat dalam membangun daerah di sisa waktu satu tahun masa jabatan.

“Saat ini kami berburu dengan waktu. Kami harus bergerak cepat dan lebih maju melakukan lompatan berpikir dan bekerja nyata, produktif, efektif, efisien dan terintegrasi agar tujuan pembangunan yang ingin dicapai dapat terwujud sebagaimana yang diharapkan,” kata Gubernur Ali Mazi.

Ekspose 4 tahun kepemimpinan Gubernur Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas periode 2018-2023 turut dihadiri Ketua PDRD Sultra, Forkompimda, OPD lingkup Pemprov Sultra hingga bupati dan wali kota se-Sultra serta tamu undangan lainnya.


Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024