Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 2022 ini, menjadi momen untuk mendorong percepatan pemulihan dan penguatan ekonomi daerah nasional.

"Peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, momentum untuk terus bersatu dan bersinergi dalam optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan potensi daerah, demi percepatan pemulihan dan penguatan ekonomi Sultra untuk ekonomi Indonesia yang lebih kuat dan maju,” kata Gubernur di Kendari, Selasa.

Gubernur Ali Mazi memberikan sambutan pada Rapat Paripurna DPRD Sultra dengan agenda pokok mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di gedung DPRD setempat.

Gubernur menyampaikan, Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia adalah hasil dari perjuangan yang telah sekian lama diupayakan melalui tetesan keringat dan darah anak-anak bangsa yang membasahi bumi pertiwi, serta dengan pengorbanan tenaga, waktu, harta benda, bahkan jiwa raga para pendahulu demi membebaskan negeri ini dari kolonialisme.

“Bentuk ungkapan rasa syukur, terima kasih dan penghargaan atas kemerdekaan yang kita nikmati saat ini, adalah melaksanakan pembangunan di segala sektor yang memajukan dan menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia," ujar Gubernur.

Ali Mazi menekankan agar senantiasa memperkokoh persatuan dan kesatuan Bangsa, menumbuhkan semangat membangun dalam setiap diri anak-anak Bangsa Indonesia sebagaimana yang telah dicontohkan oleh para pendahulu dalam meraih dan mempertahan kemerdekaan bangsa, meskipun diperhadapkan pada berbagai tantangan.

Gubernur mengatakan, mendorong percepatan pemulihan ekonomi sesuai tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Tahun 2022 ini yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Menurut Ali Mazi, tema ini mengandung pesan moral untuk memacu gairah dan motivasi kerja semua komponen bangsa, agar melakukan langkah-langkah percepatan dalam pembangunan usai terpaan badai pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir.

"Sehingga kondisi ekonomi bangsa kita dapat pulih dan bangkit lebih cepat serta lebih tangguh di tengah kondisi ekonomi global ke depan yang diprediksi melemah," ujar Ali Mazi.

Ali Mazi mengajak kepada DPRD bersama segenap komponen pembangunan di daerah ini, dengan dilandasi rasa cinta dan bangga menjadi warga Sulawesi Tenggara mendukung percepatan pemulihan ekonomi.

Ia mengajak pula untuk mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dengan seksama. Pidato tersebut penting bagi Bangsa Indonesia untuk menyimak berbagai kebijakan pemerintah yang dapat menjadi pijakan dalam melaksanakan pembangunan di Sulawesi Tenggara, utamanya di tahun 2023 mendatang.

 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024