Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan mengguyur sebagian kota besar di Indonesia melalui infoBMKG diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Dijelaskan bahwa hal tersebut dipengaruhi Siklon Tropis Mulan yang terpantau di Teluk Beiubu dengan kecepatan angin maksimum mencapai 30 not dan tekanan udara minimum 990 hPa.

Sistem bergerak ke arah barat barat laut dan diperkirakan intensitasnya akan menurun dalam 24 jam ke depan, dan menginduksi peningkatan Kecepatan angin lebih dari 25 knot atau low-level jet di Laut Cina Selatan.

Sementara daerah perlambatan angin atau konvergensi terpantau memanjang di Samudra Hindia Barat Bengkulu, Lampung, dari Kalimantan timur hingga Kalimantan Utara dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low-level jet atau konvergensi tersebut.

Sehingga pada umumnya cuaca di Sumatera diprakirakan hujan dengan intensitas ringan dengan sedang.

Waspadai hujan disertai petir yang berada di wilayah Jambi dan Lampung. Sementara cuaca di wilayah Aceh diprakirakan cerah, dan untuk wilayah Padang diperkirakan berawan.

Cuaca di Pulau Jawa diprakirakan hujan dengan intensitas ringan pada wilayah Serang dan Yogyakarta. Sementara pada wilayah Jakarta dan Bandung, cuaca di perkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Di wilayah Semarang, cuaca diprakirakan berawan dan di wilayah Surabaya cuaca pekan ini diprakirakan cerah berawan.

Wilayah Kalimantan, cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan pada wilayah Palangkaraya, dan bagi yang berada di wilayah Pontianak, Tanjung Selor dan Banjarmasin waspadai potensi hujan disertai dengan petir.

Bagi yang berada di wilayah Samarinda cuaca diprakirakan akan berkabut.

Selanjutnya pada wilayah Bali dan Nusa Tenggara, cuaca diprakirakan berawan pada wilayah Denpasar dan Kupang. Sementara bagi yang berada di wilayah Mataram, cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan.

Pada wilayah Sulawesi, cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan bagi yang berada di wilayah Kendari, Palu dan Mamuju. Sementara pada wilayah Makassar dan Gorontalo, cuaca diprakirakan berawan, dan di wilayah Manado cuaca diprakirakan cerah berawan.

Di wilayah Indonesia bagian timur, cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas ringan pada wilayah Ambon dan Ternate. Di wilayah Manokwari, cuaca diprakirakan berawan dan wilayah Jayapura cuaca diprakirakan hujan dengan intensitas sedang.


  BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate, mengimbau masyarakat berada di sekitar bantaran kali di wilayah Maluku Utara (Malut), terutama di Kabupaten Kepulauan Halmahera Selatan dan Pulau Taliabu, untuk mewaspadai adanya hujan deras disertai banjir (Abdul Fatah)
 

Dari Kendari dilaporkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang dapat mengguyur sembilan wilayah Sulawesi Tenggara pada hari ini.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie melalui telepon di Kendari, Rabu mengatakan sembilan daerah potensi diguyur hujan sedang hingga lebat hari ini yakni Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Muna, Muna Barat, Wakatobi, Buton Utara dan Kota Kendari.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra hari ini berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sembilan daerah tersebut," katanya.

Faizal menjelaskan di Kabupaten Konawe potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di antaranya Kecamatan Sampara, Soropia, Puriala, Besulutu, Bondoala, Lalonggasumeeto .

Di Kabupaten Konawe Selatan, potensi hujan lebat dapat mengguyur di antaranya Kecamatan Tinanggea, Angata, Andoolo, Palangga, Lainea, Kolono, Moramo, Laonti, Palangga Selatan, Moramo Utara, Laeya, Baito, Kolono Timur, Sabulakoa.

Selanjutnya di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Lasolo Kepulauan yang dapat meluas ke Kecamatan Langgikima, Molawe, Lasolo, Lembo, Sawa, Oheo, Andowia, Motui, Wawolesea, dan Landawe.

Di Kabupaten Konawe Kepulauan potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Selatan, Wawonii Tengah. Berikutnya di Kabupaten Muna potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Napabalano, Wakorumba Selatan, Lasalepa, Batalaiwaru, Katobu, Duruka, Lohia, Batukara, Towea.

Di Kabupaten Muna Barat potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur di antaranya Kecamatan Tiworo Utara, Napano Kusambi yang dapat meluas ke Sawerigadi, Barangka, Lawa, Wadaga, Tiworo Selatan, Maginti. Kemudian di Kabupaten Wakatobi potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Kaledupa Selatan.

Di Kabupaten Buton Utara potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Bonegunu, Kulisusu Barat yang dapat meluas ke Kulisusu, Kambowa, Kulisusu Utara, dan Wakorumba Utara. Berikutnya, di Kota Kendari potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Mandonga, Kendari, Baruga, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kambu, dan Nambo.

BMKG Sultra mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Hujan diprakirakan guyur sebagian kota besar Indonesia

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024