Pasarwajo (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat melaksanakan Pra FGD pendampingan terpadu penanganan stunting di Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton, Rabu.

Kegiatan tersebut dilakukan pada dua titik yang menjadi lokus stunting yakni Desa Kaongeongkea dan Kelurahan Takimpo. Di Desa Kaongkeongkea dihadiri oleh Ir Siti Fathonah, MPH yang merupakan Penyuluh Utama Ahli Utama BKKBN Pusat, sedangkan di Kelurahan Takimpo dihadiri oleh dr Irma Ardiana, MAPS selaku Direktur Bina Keluarga Balita dan Anak BKKBN Pusat.

Siti Fathonah mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengidentifikasi perkembangan, kendala dan solusi pemecahan masalah multi sektor dari kendala- kendala tersebut dalam pelaksanaan tata kelola percepatan penurunan stunting.

"Selain itu, tujuan lainnya adalah melakukan pendampingan bagi provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa dalam pelaksanaan intervensi spesifik dan sensitif untuk pencapaian target indikator sesuai Perpres 72/2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting," katanya.

Outputnya kata dia, kegiatan ini melahirkan rekomendasi tindak lanjut dan pendampingan secara berkelanjutan bagi daerah dalam upaya percepatan penurunan stunting

Hal yang sama dikatakan dr Irma Ardiana, bahwa pra FGD pendampingan terpadu ini guna menyamakan persepsi dari berbagai lintas sektor terkait dalam penanganan stunting di daerah itu.

"Dalam kegiatan ini, dibahas tugas masing-masing sektor siapa bekerja apa dalam hal penanganan Stunting sesuai dengan kebijakan atau program masing-masing sektor," katanya.

Berdasarkan data hasil studi status gizi Indonesia (SSGI) 2021, data stunting Sultra mencapai 30,02 persen. Khusus di Kabupaten Buton mencapai 33,9 persen.

Peserta dalam kegiatan ini adalah pihak terkait yang ada di desa dan kelurahan dimaksud, kemudian dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di Kabupaten Buton, termasuk dari unsur TNI dan juga dari Kantor Kementerian Agama Buton.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Drs Asmar, Sekretaris BKKBN Sultra, Muslimin, Kepala Dinas Dalduk dan KB Buton, Koordinator Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, Kordinator KS PK BKKBN Sultra, Sudirman dan sejumlah rombongan dari BKKBN Sultra.


Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024