Jakarta (ANTARA) - Hujan dengan berbagai intensitas diprakirakan akan turun di sebagian kota-kota besar Indonesia, berdasarkan data dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
 

Menurut data BMKG yang dikutip ANTARA di Jakarta, Kamis, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Serang, Bengkulu, Bandung, Pangkal Pinang, Bandar Lampung dan Kendari pada siang hari.
 

Kemudian hujan dengan intensitas sedang di siang hari berpotensi hadir di Banjarmasin, Ambon, Ternate dan Palembang.
 

Sedangkan siang hari di Kota Tanjung Pinang dan Manado, BMKG mengimbau warga untuk berhati-hati dengan cuaca hujan lebat yang disertai kilat dan petir
.

Cuaca berawan turut diprakirakan hadir pada siang hari di Kota Denpasar, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, Jambi, Semarang, Palangkaraya, Tarakan, Mataram, Mamuju, Makassar dan Medan. Sementara Kota Pontianak, Samarinda dan Pekanbaru berpotensi mengalami berawan tebal.
 

Banda Aceh dan Padang akan mengalami cuaca cerah di siang hari. Kemudian Surabaya, Kupang, Kota Jayapura dan Manokwari diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan.
 

Di malam harinya, hujan dengan intensitas ringan terjadi di Bengkulu, Jambi, Bandung, Palangkaraya, Ambon, Ternate, Manokwari, Pekanbaru, Kendari, Palembang dan Medan.
 

Hujan dengan intensitas sedang di malam hari berpotensi terjadi di Kota Ambon dan Kota Tarakan akan mengalami hujan lebat disertai dengan kilat dan petir.
 

BMKG menyebutkan suhu di kota-kota besar itu akan mencapai 18 hingga 33 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban terjadi pada rentang 55 sampai 100 persen.
 

Gubernur mengajak masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari belakangan ini. ANTARA/HO-Humas (1)


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa secara umum wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diprediksi bakal diguyur hujan kategori rendah hingga menengah selama awal Juli hingga awal Agustus 2022.

"Pada awal Juli hingga awal Agustus 2022 sebagian wilayah Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Konawe Selatan, Bombana, Muna, Muna Barat, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, dan Kota Baubau diprakirakan mengalami curah hujan kategori rendah (21 - 50 mm/dasarian)," kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Konawe Selatan Adlian Afa Annie melalui keterangan tertulis di Kendari, Senin.

Sementara khusus awal Juli 2022 sebagian besar wilayah Sulawesi Tenggara diprakirakan berpeluang tinggi mengalami curah hujan kategori menengah (51 - 150 mm/dasarian).

Dia menyebut, daerah yang berpeluang besar mengalami curah hujan kategori rendah selama awal Juli di antaranya Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Bombana, Konawe Selatan, Buton Tengah, Buton Selatan, Muna, Muna Barat dan Kota Baubau.

Dia mengimbau masyarakat Sulawesi Tenggara terus waspada terhadap potensi hujan lebat, petir, dan angin kencang yang mungkin terjadi.

Terpisah, Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie mengatakan lima daerah berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat hari ini.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di lima daerah yakni Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Buton Utara, dan Kota Kendari," katanya.

Faizal menjelaskan, di Kabupaten Konawe potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Sampara, Bondoala, Anggalomoare yang dapat meluas ke Soropia, Besulutu, Kapoiala, Lalonggasumeeto, dan Morosi.

Selanjutnya di Kabupaten Konawe Selatan potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Palangga, Konda, Kolono, Moramo, Laonti, Palangga Selatan, Moramo Utara, Wolasi, Laeya, Kolono Timur yang dapat meluas ke Tinanggea, Andoolo, Lainea, Ranomeeto, Baito, dan Ranomeeto Barat.

Kemudian, di Kabupaten Konawe Kepulauan potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Wawonii Selatan, Wawonii Tengah yang dapat meluas ke Wawonii Barat, Wawonii Utara, dan Wawonii Tenggara.

Di Kabupaten Buton Utara, potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur wilayah Kecamatan Kulisusu Utara, Wakorumba Utara yang dapat meluas ke Kulisusu Barat.

Serta di Kota Kendari potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Kendari, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Puuwatu, Nambo yang dapat meluas ke Mandonga, Baruga, Wua-wua, Kadia, dan Kambu.

Dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG prakirakan hujan turun di sebagian kota Indonesia

Pewarta : Hreeloita Dharma Shanti
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024