Kendari (ANTARA) - Pemprov Sulawesi Tenggara menjajaki rencana kerja sama penjernihan air tanah maupun air permukaan dengan University Rhode Island (URI) Amerika Serikat.

Selain penjernihan air tanah maupun air permukaan juga dijajaki bagaimana memajukan sumber daya manusia pada Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton.

"Alhamdulillah, dalam peringatan 50 Tahun kerja sama Indonesia - URI Amerika Serikat, Sultra masuk dalam tujuan kerja sama. Ini merupakan kesempatan langka dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi kemajuan daerah Provinsi Sultra," tutur Pj. Sekda Pemprov Sultra, Asrun Lio, dalam pernyataan tertulis yang diterima di Kendari, Rabu.

Ia menuturkan, terkait rencana kerja sama penjernihan air tanah maupun air permukaan, dan Institut Teknologi Kelautan (ITK) Buton tersebut, URI Amerika Serikat memiliki tenaga ahlinya.

"Selain masalah kerja sama penjernihan air tanah maupun permukaan, dalam kesempatan ini juga kami menyerahkan dokumen pengembangan Institut Teknologi Kelautan Buton, untuk menjadi bahan pertimbangan URI Amerika Serikat dalam membantu memajukan ITK Buton, khususnya terkait penyedian SDM," katanya.

  Pj.Sekda Sultra Drs.Asryn Lio,M.Hum,PhD saat melakukan perbincangan dengan Director, Business, and Business Education Partnerships Asia, URI, Amerika Serikat, Brook Williams Ross bersama rombongan, di Jakarta. (Antara-HO Dikbud Sultra.)8 Ia menambahkan, sebagai tindak lanjut pertemuan itu, rencananya akan dilakukan penandatangan MoU pada September 2022 antara ITK Buton bersama URI Amerika Serikat.

Sementara itu, Director Director Business and Business Education Partnerships Asia, URI, Amerika Serikat, Brook Williams Ross menerangkan, pihaknya berterima kasih atas respon yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sultra, dalam hal ini melalui Pj Sekda Pemprov Sultra.

"Sebelumnya, kami telah melayangkan surat kepada Pemprov Sultra bahwa saya bersama Profesor Thomas Boving bidang Ilmu Lingkungan dan Manajemen dari URI menyampaikan kedatangan kami di Indonesia pada minggu ini, untuk membahas bagaimana Universitas kami dapat mengambil peran, dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di Indonesia, khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara melalui program pendidikan dan penelitian," ucapnya.

Dia melanjutkan, hal tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan sebelumnya dengan Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pariwisata, dan Kepala Dinas Cipta Karya di URI Amerika Serikat, sekaligus wujud perayaan 50 tahun Kerja sama URI dengan Indonesia.

"Universitas Rhode Island telah memiliki MoU dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang ditandatangani oleh Bapak Gubernur Ali Mazi pada bulan Oktober 2019 di Rhode Island, USA. Pertemuan ini merupakan bentuk respon terhadap surat kami," tambahnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024