Kendari (ANTARA) -
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melaksanakan pelayanan KB serentak sejuta akseptor bertempat di Puskesmas Nambo Kota Kendari, Rabu.

"Kegiatan pelayanan KB serentak sejuta akseptor ini dalam rangka peringatan hari Keluarga nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022," kata Koordinator Bidan KB dan KR BKKBN Sultra, dr Fithriani Abu Kasim.

Dikatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesertaan ber-KB di wilayah kerja dan menjaga keberlangsungan pemakaian kontrasepsi.

"Kegiatan ini dilakukan serentak di semua kabupaten kota se Sultra, selama tiga hari yakni dari tanggal 15 Juni sampai 17 Juni 2022," katanya.

BKKBN Sultra kata dia, berkomitmen untuk mensukseskan kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Dalam Rangka Hari Keluarga Nasional XXIX dengan berbagai bentuk pelayanan KB.

"Untuk pelayanan KB di Puskesmas Nambo kali ini, dilakukan untuk semua jenis pelayanan KB Umum termasuk vasektomi atau KB untuk pria," katanya.

Selain pelayanan KB kata dia, pada pelayanan serentak KB sejuta akseptor di Puskesmas nambo tersebut dilakukan pula pelayanan tambahan yakni pelayanan papsmear.

"Pelayanan Papsmear ini diberikan kepada ibu-ibu akseptor KB, pelayanan Papsmear ini ialah pemeriksaan yang dilakukan untuk deteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim," katanya.

Untuk pelayanan papsmear ini kata dia, BKKBN Sultra  bekerja sama dengan dokter spesialis untuk memberikan layanan pemeriksaan papsmear, hal ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan reproduksi ibu penerima layanan kontrasepsi. 

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024