Baubau (ANTARA) - Aparat Polres Baubau, Sulawesi Tenggara, melakukan patroli di sejumlah titik menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah guna mencegah terjadinya aksi kejahatan jalanan, copet, jambret, premanisme dan kejahatan lainnya terhadap masyarakat yang sedang mudik melalui jalur kapal laut di Pelabuhan Murhum daerah itu.

Kepala Seksi Humas Polres Baubau Iptu Abdul Rahmat dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Baubau, Sabtu, menyebut personel Satuan Samapta Polres Baubau dipimpin Kasat AKP Laode Maktubu melakukan patroli preventif bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat yang sedang mudik dari perantauan

"Sesuai jadwal dari Pelni Cabang Baubau bahwa hari ini atau Sabtu (30/4) sebanyak lima unit kapal akan sandar di pelabuhan, sehingga diperkirakan ribuan pemudik akan memadati Pelabuhan Murhum," ujarnya.

Sebanyak lima unit kedatangan kapal Pelni pada 30 April 2022 di Pelabuhan Murhum Baubau, yakni KM Tidar yang sandar sekitar pukul 07.45 menurunkan penumpang sebanyak 1.454 orang dan menaikkan sebanyak 272 penumpang.

Selanjutnya, KM yang sandar sekitar pukul 09.00 Wita menurunkan penumpang sebanyak 914 orang dan menaikkan berjumlah 96 orang. Kemudian KM Nggapulu yang dijadwalkan sandar pukul 14.00 Wita untuk penumpang turun sebanyak 868 orang dan naik berjumlah 112 penumpang.

Sedangkan KM Sinabung dijadwalkan sandar sekitar pukul 17.00 Wita, dan KM Jetliner sandar sekitar pukul 19.00 Wita.

Disebutkan, bahwa petugas berpatroli guna memastikan dan memberikan rasa aman terhadap masyarakat dalam melakukan mudik Lebaran.

Aktifitas pulang kampung melalui kapal Pelni baik di Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Selatan, dan Kabupaten Buton Tengah menumpangi transportasi kapal laut dan bersandar di Pelabuhan Murhum cukup signifikan. Sehingga intensif berpatroli dilakukan.

Menurutnya, pelabuhan Murhum merupakan salah satu pelabuhan yang cukup ramai saat musim mudik dan balik Lebaran. Termasuk pintu masuk transportasi lainnya, sehingga intensif dilakukan pengawasan.

Olehnya itu, untuk mengantisipasi dan memberikan rasa aman terhadap masyarakat yang mudik melalui transportasi laut personel maupun titik lokasi keramaian, Satuan Samapta Polres Baubau melaksanakan Patroli dengan sasaran beberapa wilayah, yakni Pelabuhan Murhum, Jembatan Batu, Pantai Kamali, Pasar Karya Nugraha, Pasar Laelangi, dan Pelabuhan Fery Batulo dengan kekuatan Personil sebanyak 18 orang dan menggunakan roda 2 sebanyak 13 unit.

 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024