Kendari (ANTARA) -
PT ASDP Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyatakan siap menambah jadwal perjalanan (trip) kapal untuk melayani penumpang mudik dan balik  jika terjadi lonjakan pada masa angkutan Lebaran 1443 Hijriah.

"Kalau ada penumpukan (penumpang) kita akan tambah trip," kata Manager Usaha PT ASDP Cabang Baubau, Supriadi, di Baubau, Rabu.

Penambahan trip itu, kata dia, sebagai upaya  agar tidak terjadi kepadatan di pelabuhan, sehingga masyarakat yang akan melaksanakan mudik maupun balik Lebaran dapat terlayani dengan segera.

"ASDP terus memberikan pelayanan maksimal dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan masyarakat sebagai pengguna jasa," katanya.

Menurut dia, sebanyak 12 lintasan yang dikelola di wilayah ASDP Baubau siap melayani perjalanan masyarakat dalam menjalani libur Idul Fitri 2022.

Sebanyak 12 rute itu adalah lintasan Baubau-Waara, Tampo-Torobulu, Labuan-Amolengu, Kendari-Langara, Kamaru-Wanci, Baubau-Siompu, Raha-Pure, Baubau-Donggala, Donggala-Mawasangka, Mawasangka-Donggala-Kasipute, Kasipute-Tondasi dan jalur Baubau-Tolandona.

Namun demikian, dari seluruh lintasan yang ada itu diperkirakan hanya ada tiga jalur yang biasanya cukup ramai atau padat saat musim angkutan Lebaran. "Kalau kita lihat tiga lintasan Tampo-Torobulu, Labuan-Amolengu, dan rute Baubau-Waara itu yang biasanya signifikan setiap tahun, sehingga kita akan antisipasi," ujarnya.

Dalam mengantisipasi arus penumpang,  pihaknya juga melakukan penambahan satu unit armada di lintasan Tampo-Torobulu sehingga menjadi tiga kapal yang beroperasi.

"Kalau dulu, nanti padat baru dikirim kapal ke sana. Sekarang diantisipasi disana ada tiga kapal dioperasikan, begitu juga di lintasan Baubau-Waara. Sementara di Labuan-Amolengu ada dua kapal dengan kapal swasta," katanya.

Dia menambahkan bahwa kapal-kapal ASDP yang beroperasi untuk melayani pengguna jasa telah dilakukan pengecekan ( ram chek) oleh  Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) maupun perawatan rutin tahunan atau docking sesuai jadwal yang  wajib dilaksanakan.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024