Baubau (ANTARA) - Kodim 1413/Buton melaksanakan sosialisasi pembentukan Komponen Cadangan dengan melibatkan utusan pemerintah daerah dari enam wilayah teritorial Kodim Buton, Sulawesi Tenggara, sebagai tujuan untuk membentuk Komponen Cadangan itu.

Sosialisasi yang digelar di Ruang Data Makodim 1413 Buton, Selasa, selain melibatkan enam daerah teritorial yakni Kota Baubau, Kabupaten Bombana, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, dan Kabupaten Wakatobi, juga perwakilan perguruan tinggi (PT) yang berada di wilayah teritorial Kodim 1413/Buton.

Komandan Kodim 1413/Buton, Letkol Arm Muhamad Faozan menyampaikan, pembentukan Komponen Cadangan sesuai PP Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

"Komponen Cadangan dibentuk atas dasar kepentingan pertahanan negara pada saat keadaan darurat. Rencana perekrutan diperuntukan bagi setiap warga negara yang berminat dan bersifat sukarela untuk kemudian dididik selama 3 bulan di Rindam masing masing Kotama yang ditunjuk termasuk Kodam XIV/Hasanuddin sampai akhirnya dilantik sebagai personel Komponen Cadangan," ujarnya.


Pelibatan peran Pemda dan perguruan tinggi bersama Koter sebagai kepanjangan tangan pemerintah pusat melalui TNI dalam menyosialisasikan rekrutmen diharapkan didominasi oleh personel yang sudah memiliki status diantaranya PNS, karyawan, mahasiswa dan beberapa latar belakang lainnya diwilayah masing masing.

Sehingga, lanjutnya, pesonel yang pada akhirnya secara sukarela melakukan kegiatan membantu dan mendukung setiap aksi bela negara sesuai peran dan keahlian yang dimiliki untuk kepentingan pertahanan negara merupakan mereka yang secara sukarela.

Ia juga menyampaikan bahwa Kementerian Pertahanan rencana merekrut personel untuk dijadikan komponen cadangan sebanyak 25.000 orang, diantaranya melalui Kodam XIV/Hsn saat ini masih melakukan proses pendataan pendaftaran secara Online di Website: https://komcad.kemhan.go.id atau melalui Kontak Whatsapp 08990170845 mulai 1 Maret sampai 8 Mei 2022.

Setelah mengikuti proses itu, kata dia, selanjutnya calon personel Komcad melakukan seleksi administrasi dan tahapan pembentukan Komcad TA.2022 mulai 9-11 Mei 2022, dan seleksi kompetensi pada 12-27 Mei 2022, hingga kemudian calon yang dinyatakan lulus tes melaksanakan Latsarmil selama 3 bulan mulai 30 Mei hingga 27 Agustus 2022 dan pelantikan di Rindam XIV/Hsn.
 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024