Kendari (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara menghadirkan layanan publik saat ikut berpartisipasi pada pameran Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di yang diselenggarakan di pelataran Tugu Religi MTQ Kota Kendari.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba, melalui Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kortini JM Sihotang di Kendari, Rabu mengatakan bahwa pihaknya ikut mensukseskan perayaan HPN Tahun 2022 yang berpusat di Kota Kendari.

"Dalam pameran ini kami Kemenkumham Sulawesi Tenggara membuka pelayanan konsultasi semua jenis layanan publik 11 unit eselon 1 Kemenkumham RI," katanya.

Dia merinci, pelayanan yang diberikan di antaranya Keimigrasian, layanan pemasyarakatan, layanan kekayaan intelektual, pendaftaran perseroan, yankomas, bantuan hukum bagi masyarakat miskin, Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), dan lainnya.

"Selain itu kreatifitas dari warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana dari lapas/rutan yang ada di Sultra juga ikut dipamerkan seperti rakitan motor, kerajinan tangan, dan lainnya," ujar dia.

Ia menyebut bahwa pers merupakan mitra dari Kemenkumham sehingga pihaknya ikut menyukseskan HPN 2022 sebagai bentuk apresiasi pihaknya terhadap insan pers.

"Kita ikut pameran ini merupakan bentuk cinta kasih kita pada insan pers karena pers itu kita tau bersama bahwa mereka adalah mitra kita, mereka bagian dari kita dalam mewartakan kegiatan ataupun memberikan kritik kepada kementerian kita," tambah Kortini.

Dia juga berterima kasih kepada seluruh insan pers yang selalu memberikan pemberitaan yang berimbang bagi jajaran Kemenkumham Sultra.

"Terimakasih saya sampaikan pada seluruh insan pers yang selalu memberikan pemberitaan yang berimbang khususnya di jajaran Kemenkumham Sultra. Sukses selalu insan pers, selamat Hari Pers Nasional Tahun 2022," tutur dia.

Sementara itu, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankum) Maktub mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan konsultasi semua jenis pelayanan hukum dan HAM yang ada.

"Kita dukung penuh perayaan HPN ini, konsultasi untuk semua jenis layanan Kemenkumham ada kita siapkan. Mulai dari bantuan hukum bagi masyarakat miskin, perseroan perorangan, Keimigrasian, pemasyarakatan dan sebagainya yang berkaitan dengan Kemenkumham," kata Maktub.

Pameran HPN 2022 diselenggarakan sejak 6 sampai 9 Februari 2022 di pelataran Tugu Religi MTQ Kendari, dimana malam ini diagendakan bakal ditutup Gubernur Sultra Ali Mazi.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024