Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjalin kerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat untuk menyosialisasikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Kerja sama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari saat peringatan Hari Pers Nasional 2022 di Kendari, Sulwesi Tenggara, Rabu.

Zainudin mengatakan bahwa kerja sama tersebut diperlukan guna menyebarluaskan informasi terkait DBON ke daerah-daerah agar publikasinya semakin masif.

“Dengan demikian, maka PWI menjadi mitra dari Kemenpora untuk menyosialisasikan DBON. Kami tidak ingin Perpres Nomor 86 Tahun 2021 ini hanya bergerak di tingkat pusat, kami ingin ini sampai di tingkat provinsi serta kabupaten dan kota,” ujar Menpora dalam siaran pers, Rabu.

“Wartawan punya jangkauan yang luas. Saya sepakat dengan Ketua Umum PWI untuk bekerja sama dalam sosialisasi DBON. Kita juga akan lihat potensi olahraga daerah, target kita jelas untuk Olimpiade, bukan Asian Games atau SEA Games,” tambah dia.

Sementara itu, Atal menyatakan siap berkolaborasi bersama pemerintah untuk menyukseskan program dalam DBON. Ia sepakat pentingnya DBON sebagai cetak biru pembinaan olahraga prestasi Tanah Air.

“Mudah-mudahan PWI dan SIWO bisa mampu berkontribusi dengan tepat dan benar dalam kerja sama untuk memacu prestasi,” kata Atal.

“Untuk memperoleh atlet berkualitas dan berprestasi harus ada upaya mendesain secara terprogram. DBON ini adalah upaya yang tepat sebagai awal pembinaan jangka panjang,” tutup dia.

 


Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024