Kendari (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) melakukan pendampingan pengembangan 53 klaster usaha bagi para pelaku UMKM di Sulawesi Tenggara baik secara individu maupun secara kelompok/klaster agar naik kelas.

Pimpinan Wilayah Regional CEO BRI Makassar Mohamad Fikri Satriawan di Kendari, Senin mengatakan khusus di Sultra pihaknya memberikan pendampingan puluhan kelompok pelaku UMKM agar bisa naik kelas dan mampu bersaing.

"Hingga saat ini ada 53 klaster usaha di Sultra, dimana BRI ikut andil mendampingi pengembangan baik dalam pembiayaan maupun edukasi pemasaran dan pengembangan produk," katanya.

Program pendampingan pengembangan usaha bagi pelaku UMKM di Sultra dilakukan BRI baik dalam pembiayaan bagaimana mengakses permodalan, menciptakan produk yang memiliki daya saing serta memberikan edukasi pemasaran agar bisa tembus ke kancah nasional hingga internasional term

Fikri menambahkan, klaster yang dibina bergerak diberbagai jenis komoditi dan kegiatan di antaranya pertanian, perikanan, industri makanan dan minuman serta jenis usaha rakyat lainnya.

"Untuk klaster yang kami bina dan lakukan pendampingan itu bergerak diberbagai bidang usaha, seperti pertanian, perikanan dan lainnya", jelas dia.

Selain itu, BRI juga terus mendorong agar pelaku UMKM khususnya yang menjadi binaanya agar mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi saat ini baik dari sisi produksi termasuk pemasaran dengan sistem digital market.

"Pendampingan UMKM individu juga terus dilakukan BRI melalui edukasi pengembangan produk dan pemasaran untuk go digital serta pendampingan naik kelas," demikian Fikri.

Pewarta : Saharudin
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024