Makassar (ANTARA) - Empat perguruan tinggi bidang kesehatan yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Makassar (Yapma) disatukan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Makassar.

"Hal ini untuk memenuhi tuntutan pemerintah agar menggabungkan perguruan tinggi yang memiliki bidang yang sama, dan sebagai bentuk efisiensi juga," kata Anggota Senat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar, Atta Lantara di Makassar, Kamis.

Keempat perguruan tinggi itu adalah STIK Makassar, Akademi Hiperkes Makassar, Akademi Perawat Makassar dan Akademi Kebidanan Makassar.

Menurut Atta, penyatuan keempat perguruan tinggi adalah tuntutan dari pemerintah agar pengelolaan perguruan tinggi lebih efektif dan efisien.

Penyatuan keempat perguruan tinggi itu juga telah memiliki ketua baru yang dipilih secara aklamasi pada rapat senat.

Ketua STIK Makassar terpilih secara aklamasi sebagai pertama memimpin perguruan tinggi yang baru ini adalah Andi Esse Pawenrusi, S.KM, M.Kes.

Berkaitan dengan hal tersebut, wisudawan dari empat perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Makassar pun menggelar wisuda bersama yang telah digelar Selasa (25/1).

Jumlah alumni yang untuk pertama kalinya wisuda bersama tercatat 365 orang berasal dari keempat perguruan tinggi yakni alumni D3 Keperawatan sebanyak 36 orang, D3 Kebidanan (37), D3 Hiperkes (83), S1 Kesehatan Masyarakat (41), S1 Keperawatan (113) dan Profesi Ners (54).*

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024