Kendari (ANTARA) - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Tenggara kembali melakukan vaksinasi COVID-19 dengan menyasar warga di daerah terpencil yang tersebar di enam kabupaten provinsi setempat sebagai upaya percepatan cakupan vaksinasi.

Kepala BIN Sultra Brigjen Raden Toto Oktaviana melalui keterangan tertulisnya di Kendari, Senin mengatakan, bahwa untuk mencapai target vaksinasi pihaknya menggandeng pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya melakukan vaksinasi di daerah-daerah terpencil.

"Kami terus melaksanakan vaksin COVID-19, bahkan tim tenaga kesehatan kami menjangkau wilayah terpencil menggunakan kapal katinting (parahu menggunakan mesin)," katanya.

Dia menyampaikan, vaksinasi yang digelar pihaknya dilakukan di delapan titik berbeda yang ada di Sultra agar menjangkau seluruh wilayah khususnya masyarakat yang berdomisili di daerah-daerah terpencil.

"Hari ini ada delapan titik meliputi titik di Kabupaten Kolaka, Bombana, Konawe Selatan, Muna Barat, Buton Tengah dan Buton Utara," jelasnya.

Toto menyebutkan, awalnya pihaknya menargetkan bisa melakukan vaksinasi kepada 1.000 orang, namun setelah melakukan vaksin cakupan vaksinasi mencapai 1.362 orang.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh warga agar tidak takut dan mau untuk melakukan vaksinasi sebagai salah satu upaya meningkatkan imun tubuh guna meminimalkan risiko terinfeksi COVID-19 termasuk sebagai ikhtiar mencegah gelombang ketiga.

"Ayo seluruh masyarakat melaksanakan vaksinasi untuk mencapai hard immunity (kekebalan komunal)," kata dia.

Selain itu, Toto juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang telah melakukan vaksinasi hingga dosis lengkap agar tetap disiplin protokol kesehatan utamanya memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan sehingga benar-benar memutus penyebaran COVID-19 dan variannya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024