Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengapresiasi Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan setempat karena telah menjaga stabilitasi sistem keuangan sepanjang tahun 2021 yang masih di masa pandemi COVID-19

Berdasarkan rilis Kominfo Sultra yang diterima Rabu, menyebutkan hal itu disampaikan Gubernur Sultra Ali Mazi saat memberikan sambutan pada peresmian gedung baru Kantor BI Perwakilan Sulawesi Tenggara di Kendari.

"Kami berterima kasih untuk institutional leadership yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia, baik dalam TPID dan juga dengan OJK membantu menciptakan iklim yang positif untuk pembangunan dan investasi,” kata Ali Mazi.

Gubernur menyampaikan, dari sisi stabilitas harga, selama tahun 2021, kerja keras bersama dari seluruh unsur Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di provinsi dan kabupaten/kota serta Satgas Pangan telah berhasil mengendalikan inflasi di level yang rendah di tengah berbagai gangguan cuaca dan distribusi yang ada.

Pemprov Sultra, lanjut Gubernur, juga mengapresiasi BI yang telah mendorong percepatan digitalisasi daerah, yang merupakan syarat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Ali Mazi menjelaskan, pada Triwulan III 2021, ekonomi Sultra berhasil tumbuh sebesar 3,97 persen (yoy). Angka ini lebih baik jika dibandingkan dengan capaian perekonomian nasional yang tumbuh hanya 3,51 persen (yoy).

Namun, pertumbuhan ekonomi yang berkualitas harus diiringi dengan perbaikan sumber daya manusia. Pada Agustus 2021, tingkat pengangguran terbuka tercatat sebesar 3,92 persen. Turun 0,66 persen poin dibandingkan dengan Agustus 2020 atau turun 0,30 persen poin terhadap Februari 2021.

Paramater lainnya, dari sisi kemiskinan dan pemerataan. Pada Maret 2021, persentase penduduk miskin tercatat sebesar 11,66 persen. Turun 0,03 persen poin terhadap September 2020.

Selain itu, pada Maret 2021, tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk Sultra yang diukur oleh Gini Rasio adalah sebesar 0,390.

Selain telah memiliki 18 TPID, sinergi Pemprov BI juga membuahkan adanya 18 Tim Percepatan Dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) se-Sultra.

Selaku Ketua TP2DD Provinsi Sultra, Gubernur akan terus mendorong implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP) dan mengakselerasi digitalisasi di daerah.

Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas serta pejabat di lingkup pemerintah provinsi menghadiri peresmian gedung Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sultra di kawasan Bumi Praja Anduonohu, Kendari.

Gubernur BI Perry Warjiyo bersama Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi, dan anggota Komisi XI DPR RI Haerul Saleh hadir secara virtual pada grand launching itu.

Gubernur menyampaikan apresiasi serta rasa syukurnya karena kantor yang dikerjakan selama kurang lebih dua tahun sembilan bulan itu sejak 4 Oktober 2021 lalu kini telah diresmikan penggunaannya.

Gubernur juga mengapresiasi keteguhan BI yang membangun dan menyelesaikan gedung baru yang megah itu di tengah masa pandemi. Hal ini merupakan manifestasi komitmen dan optimisme BI dalam membangun Sultra dan Indonesia.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024