Kendari (ANTARA) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kota Kendari, Sulawesi Tenggara meluncurkan aplikasi layanan unggul lewat online atau disebut "LULO" guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Bappeda Kendari Ridwansyah Taridala di Kendari, Rabu, mengatakan aplikasi tersebut merupakan program yang disusun sebagai salah satu solusi mengatasi sejumlah persoalan di Bappeda yang selalu terjadi setiap tahun.

"Berangkat dari kondisi faktual di Bappeda setiap tahun di bulan Januari, Februari, Maret, April itu antrean sampai di pertengahan tahun OPD, teman-teman kecamatan dan kelurahan antre di Bappeda sini, di sisi lain ruangan kita kapasitasnya terbatas,” katanya pada peluncuran aplikasi Layanan Unggul Lewat Online (LULO).

Menurut dia, selain didesain untuk memaksimalkan pelayanan publik, aplikasi LULO dibuat untuk mempemperkenalkan sekaligus menjaga kearifan lokal di masyarakat.

Ia berharap aplikasi ini bisa memudahkan pelayanan pada masyarakat utamanya OPD dalam memaksimalkan pelayanan.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Litbang Bappeda Kendari Irnayanti Bisma, selaku perancang aplikasi tersebut menjelaskan bahwa aplikasi LULO merupakan inovasi program pelayanan informasi perencanaan secara elektronik yang dirancang untuk memasukkan seluruh informasi terkait perencanaan dalam satu sistem aplikasi.

Menurutnya, aplikasi LULO dirancang untuk memudahkan akses masyarakat dan OPD dalam menerima layanan pada Bappeda Kota Kendari.

"Jenis layanan elektronik yang dimaksud salah satunya adalah menu konsultasi yang nantinya bisa diakses oleh OPD untuk memudahkan konsultasi OPD ke mitra koordinasi bidang yang ada di Bappeda,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, dalam aplikasi ini juga terdapat menu unduhan yang di dalamnya terdapat dokumen-dokumen perencanaan dan dokumen hasil kajian yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya yang membutuhkan.

Dia menambahkan, saat ini aplikasi tersebut sedang dibangun dan akan didaftarkan di play store, selanjutnya warga yang membutuhkan bisa mengunduh aplikasi LULO ini.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024