Kendari (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara menyebutkan sebanyak 2.402 atau 57,87 persen tenaga kesehatan (nakes) di daerah itu telah divaksinasi COVID-19 dosis ketiga. 

Kepala Dinas Kesehatan Kendari Rahminingrum melalui selulernya di Kendari, Kamis, mengatakan target sasaran vaksinasi COVID-19 kepada tenaga kesehatan di ibu kota provinsi itu sebanyak 4.151 orang.

"Untuk tenaga kesehatan yang sudah divaksinasi dosis ketiga mencapai 2.402 orang atau 57,87 persen dari sasaran," kata dia.

Dia juga menyebut, pemberian vaksin reguler (Sinovac) dosis satu sudah melebihi target sasaran yang tercatat 5.603 orang atau 134,98 persen. Begitupun dosis kedua mencapai 5.143 orang atau 123,9 persen dari jumlah sasaran.

"Kalau dosis satu dan dua sudah di atas 100 persen pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan di Kota Kendari," ujar dia.

Menurutnya, vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin COVID-19 buatan Moderna pada tenaga kesehatan dengan platform mRNA dan nukleosida yang dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2.

"Pemberian vaksin dosis ketiga kepada tenaga kesehatan penting dilakukan apalagi vaksin yang diberikan merupakan salah satu jenis vaksin terbaik yakni Moderna," tutur dia.

Rahminingrum memastikan semua tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang menangani langsung pasien COVID-91 di daerah itu akan mendapatkan vaksinsi dosis ketiga.

"Pelayanan vaksin booster bagi tenaga kesehatan, kami buka setiap hari di pelataran Kantor Dinas Ksehatan Kendari. Kami berharap nakes berpartisasi menyukseskan pemberian dosis ketiga ini," demikian Rahminingrum*

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024