Kendari (ANTARA) - Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Sulawesi Tenggara mendorong peningkatan produktivitas kepada 30 siswa program pelatihannya agar bisa dijadikan sebagai modal ketika masuk di dunia kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sultra La Ode Muhammad Ali Haswandy mengatakan bahwa pelatihan yang dilakukan BLK Kendari sangat tepat dan strategis, pasalnya sejauh ini banyak dari perusahaan atau para pelaku usaha yang gulung tikar karena persoalan produktivitas yang diperparah dengan pandemi COVID-19. 

“Kami sangat berharap pelatihan ini bisa menjadikan para pelaku usaha menjadi lebih baik ke depannya, dan produktivitasnya semakin meningkat," kata dia Haswandy saat membuka pelatihan tersebut di Kendari, Senin.

Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu menjelaskan, pelatihan peningkatan produktivitas bertujuan untuk memberi pemahaman terhadap peserta pelatihan terkait ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam meningkatkan hasil dari produk yang dibuat.

“Yang kita cari adalah modal tidak begitu besar dan waktu yang dibutuhkan tidak lama, namun hasilnya sesuai harapan. Memenuhi hal itu, ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh peserta pelatihan ini,” jelasnya.

Dia menekankan kepada para peserta agar mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh agar bisa menjadi lebih baik ke depannya.

“Kalau mereka bisa berhasil setelah mengikuti pelatihan, maka berimbas pada peningkatan penerimaan tenaga kerja baru yang artinya dapat mengurangi tingkat pengangguran. Jadi, manfaat dari pelatihan yang singkat ini bisa dirasakan orang banyak,” tandasnya. 

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) juga menambahkan, terkait proses platihan yang dilakukan BLK Kendari, setiap peserta pelatihan ditekankan untuk mematuhi protokol kesehatan, mulai dari mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

Di tempat yang sama, Kasubag Tata Usaha Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari La Ode Harwijaya Kaeba mengatakan, kegiatan peningkatan produktivitas merupakan kegiatan yang sangat baik untuk membantu para pelaku usaha atau karyawan dalam peningkatan hasil usaha yang digeluti.

“Dasar pelatihannya 5 S yaitu sisih, susun, sasap, sosoh, dan suluh atau lebih dikenal dengan 5R yang artinya ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin. Jika konsep dasar ini dapat diterapkan dengan benar, maka prouktivitas dari perusahaan tentu akan baik," terangnya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024