Kendari (ANTARA) - Kelurahan Lahundape, Kecamatan Kendari Barat menjadi wakil Kota Kendari pada Lomba Kinerja dan Inovasi Kelurahan Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2021. 

Mewakili Wali Kota Kendari, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Kendari, Susanti, bersama ketua TP PKK kendari, Hj Sri Lestari Sulkarnain, mendampingi Tim penilai lomba kelurahan tingkat provinsi menyambangi Kelurahan Lahundape, untuk melakukan penilaian, Selasa.

Susanti mengatakan bahwa penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi ini sangat memberikan makna, manfaat serta motivasi bagi segenap aparatur kelurahan dan masyarakat.

"Khususnya terkait dengan upaya kita bersama untuk senantiasa meningkatkan inovasi dan kreativitas pelaksanaan pembangunan kelurahan yang diarahkan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia berharap, partisipasi Kelurahan Lahundape dalam perlombaan ini menjadi motivasi untuk menciptakan kreasi dan inovasi pembangunan di 65 kelurahan yang ada di Kota Kendari.

"Kami optimis Kelurahan Lahundape dapat meraih peringkat terbaik dalam perlombaan tahun ini, karena telah memenuhi kriteria dalam indikator penilaian lomba kelurahan sesuai Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan," katanya. 

Dikatakan, terkait lomba kelurahan tingkat Provinsi yang akan di ikuti oleh Kelurahan Lahundape ini, diketahui indikator penilaian dalam lomba tersebut sesuai dengan Indikator penilaian Lomba Desa dan Kelurahan yang didasarkan pada indikator penilaian yang terdapat dalam Lampiran II Permendagri Nomor 81 Tahun 2015.

"Indikator tersebut mencakup pelayanan dan tata kelola kelurahan, evaluasi pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan. Selain itu, penekanan penilaian Lomdeskel tahun 2021 ini, menitikberatkan pada keterkaitan antara data profil desa dan kelurahan dengan dokumen perencanaan dan penganggaran desa dan kelurahan," katanya.

Selain itu kata dia, memperhatikan inovasi desa dan kelurahan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana non-alam COVID-19 serta pengembangan e-government dalam meningkatkan pelayanan masyarakat.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024