Kendari (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD terpilih masuk ke dalam tim penyusunan Policy Brief yang beranggotakan sembilan orang dari total peserta sekitar 60 orang, dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX 2021.

Penunjukan tersebut tertuang melalui Surat Keputusan Kepala Pusat Pelatihan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Nomor : 2534/PLB.1.2/PDB.07.1, tentang tim penyusun policy brief oleh Kepala Puslatbang KMP LAN, Dr Andi Taufik MSi.

Kepala Puslatbang KMP LAN, Dr Andi Taufik MSi, melalau pesan WhatsApp yang diterima, Senin mengatakan, tim yang terpilih tersebut dianggap mampu melaksanakan dan menyelesaikan tugas penyusunan policy brief dalam jangka waktu tiga hari.

"Policy brief ini tentu akan memuat hasil visitasi Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX 2021, yang berpusat di salah satu daerah pemerintahan di Provinsi Sulawesi Selatan, yang selanjutnya nanti akan disampaikan kepada pemerintah daerah terkait lokus Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) dan LAN, untuk diteruskan sesuai kebutuhan," tkata penangung jawab tim penysunan policy brief Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX 2021 ini.

Adapun sembilan anggota tim tersebut yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulsel, Hj Andi Mirna SH, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Luwu, Sofyan Thamrin S T, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Donggala, H Hermanto SAg MSi, Kadinkes Kabupaten Wajo, Dr drg Hj Armin MKes, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Litbang Kabupaten Luwu, Achmad Awwabin SSTP MSi, Kadinkes Kabupaten Jeneponto, Syusanty A Mansyur SKM MKes, Inspektur Daerah Kabupaten Maros, H Agustam SIP MSi, dan Kabag Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Barru, A Rusman Rustam SSTP MSi.

"Kita patut memberikan apresiasi kepada tim penyusun policy brief Visitasi Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX Tahun 2021 akan menyusun policy brief berisi tentang rekomendasi bagi masing-masing lokus yang dikunjungi untuk perbaikan," ucapnya.

Dia pun berharap, buku yang akan terbit tersebut dapat bermanfaat bagi berbagai pihak, bukan hanya bagi peserta pelatihan, tetapi juga para pemimpin di negeri ini. Serta menjadi inspirasi bagi pengambil kebijakan, dalam mendorong inovasi di sektor publik. 
  Kadis Dikbud Sultra Drs Asrun Lio, M.Hum.PhD ( kedua dari kiri) Foto ANTARA/HO-Dikbud Sultra)

Sementara itu, Kadikbud Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD mengungkapkan rasa bangga dan atensi tinggi karena terpilih serta dipercaya masuk ke dalam tim tersebut, guna melakukan penyusunan juga penyelesaian policy brief sebagai bagian dari tugas pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan IX 2021.

"Alhamdulillah kita dipercayakan menjadi analis kebijakan terhadap kebijakan publik yang terjadi, serta memberikan rekomendasi-rekomendasi terhadap fenomena di lapangan. Hasil analisis ini kemudian diabadikan melalui sebuah buku, yang tentunya diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan birokrasi yang sehat serta bagi pembangunan daerah di Indonesia," harap lulusan S3 The Australian National University (ANU) Canberra ini.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024