Kendari (ANTARA) - Sejumlah pejabat Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) dan masyarakat ramai-ramai menggelar nonton bareng (nobar) saat  prosesi  pelantikan bupati dan wakil bupati Muna terpilih periode 2021-2026 di Kendari.

"Kita harus maklumi, karena agenda pelantikan bupati dan wakil bupati di rumah Jabatan Gubernur Sultra  dilangsungkan dengan prokes ketat dalam suasana Pandemi COVID-19, jumlah peserta pejabat yang hadir sengaja dibatasi, maka kami dan teman-teman lainnya memilih nonton melalui virtual," kata Fajaruddin Wunanto, salah satu Kadis Muna di Kendari, Kamis.

Pasangan Bupati Wakil Bupati Muna terpilih, LM Rusman Emba – Bachrun Labuta resmi memegang kendali pemerintahan Kabupaten Muna periode 2021-2026 yang ditandai dengan pengambilan sumpah yang dipimpin Gubernur Sultra Ali Mazi.
  Gubernur Sultra Ali Mazi (kanan) dan Bupati Muna LM Rusman Emba usai pelantikan  di Rujab di Kendari, Kamis. (Foto ANTARA/HO-Kominfo Sultra)

Dalam sambutannya Gubernur Ali Mazi meminta pasangan bupati-wakil bupati Muna  menunaikan janji politik pada pilkada 2020. Dengan ekerja profesional, nyata dan terukur. Sehingga masyarakat menikmati pelayanan pemerintahan dengan baik.

“Menjadi kepala daerah, harus bekerja siang dan malam. Untuk memastikan setiap masyarakat di seluruh pelosok wilayah yang bisa merasakan keadilan pelayanan pemerintah. Tentu dengan mengedepankan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik yakni profesional responsif, transparan akuntabel, berkeadilan, efisien, efektif dan bermartabat," kata Ali Mazi.

Ia juga berpesan agar bahu-membahu secara harmonis bersinergi saling mengisi dan melengkapi bersama seluruh jajaran birokrasi dan para tokoh di Wilayah Kabaupaten Muna.

  Suasana nonton bareng sejumlah pejabat dan masyarakat Muna di kota Kendari di salah satu hotel di Kendari, Kamis. (Foto ANTARA/HO-Pribadi)
Pasangan bupati Muna dengan tagline "Terbaik" sukses unggul dari pasangan calon Bupati La Ode Muhamad Rajiun Tumada-La Pili pada Pilkada serentak 2020 lalu

"Kami ada beberapa kadis berkumpul  menyaksikan secara live pelantikan Bupati/Wakil Bupati Muna via kanal Youtube, sebab untuk menyaksikan secara langsung di Rujab, tidak bisa karena memang sangat dibatasi," katanya.

Data  KPU Muna, pasangan Bupati-Wakil Bupati Rusman–Bachrun berhasil meraih suara sebanyak 64.221 suara atau 53,4 persen. Sedangkan rivalnya, Rajiun Tumada-La Pili mengantongi suara 56.008 atau 46,6 persen.

Suasana pelantikan bupati dan wakil bupati Muna, juga ditonton oleh ratusan pasang mata di rumah pribadi Rusman Emba maupun rumah pribadi  Bahrun Labuta  di Kelurahan Wawuwanggu Kecamatan Kadia Kota Kendari.

Para simpatisan dan masyarakat Muna yang berada di Kota Kendari sejak pagi hingga siang hari sudah mendatangi  rumah bupati dan wakil bupati itu, dan hingga berita ini dimuat, masih nampak ramai warga yang akan memberi ucapan selama kepada dua pejabat yang baru dilantik oleh Gubernur Sultra itu.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024