Buton Selatan (ANTARA) - Bupati Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, La Ode Arusani membeberkan sejumlah keberhasilan sebagai refleksi menyambut  HUT Kemerdekaan RI ke-76, dalam rapat paripurna istimewa DPRD setempat, Senin.

Rapat paripurna dalam rangka mendengarkan pidato pengantar Bupati La Ode Arusani tersebut dipimpin Ketua DPRD La Ode Armada dan hadir sejumlah Anggota DPRD, unsur Forkopimda, Kepala OPD, instansi vertikal, Camat dan Lurah.

Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani dalam pidatonya menegaskan, situasi pandemi COVID-19 tidak boleh mengurangi semangat untuk memberikan penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai kejuangan dan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dalam merebut dan menegakkan kemerdekaan.

Sebagai refleksi pada usia 76 tahun Kemerdekaan RI ini, Bupati menyampaikan bahwa berkat dukungan seluruh elemen masyarakat, pada 2021 ini Kabupaten Buton Selatan telah meraih sejumlah capaian yang membanggakan dan banyak mendapatkan penghargaan, di antaranya penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yakni mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan 3 tahun berturut-turut pada 2018, 2019 dan 2020. Kedua penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM 4 tahun berturut-turut sejak 2017 hingga 2020.

Di sisi lain dalam hal pembangunan daerah, pihaknya sedang gencar-gencarnya menghubungkan kawasan yang berpotensi sebagai pusat pertumbuhan baru diantaranya, pertama pembangunan Dermaga Bandar Batauga, Pelabuhan Feri Kadatua dan Siompu untuk mendekatkan mobilitas baik orang maupun produk guna pemerataan pelayanan maupun perekonomian.

Kedua, lanjut dia, pembukaan jalan dan rekonstruksi jalan sebagai upaya peningkatan konektivitas antarwilayah.  Ketiga, saat ini juga pihaknya sedang melakukan upaya percepatan dalam hal peningkatan kelistrikan di Pulau Batu Atas, dan keempat pembangunan RSUD sebagai upaya dalam hal menjamin pelayanan kesehatan, dimana ke depan diharapkan menjadi pusat rujukan untuk wilayah daratan Buton.

"Dan masih banyak penghargaan dan keberhasilan lainnya. Meskipun begitu, masih banyak cita-cita dan mimpi yang harus kita perjuangan sebagai anak negeri untuk memberikan arti mengisi kemerdekaan dengan berbagai peran dan tanggung jawab,"  ujarnya, dalam keterangan tertulis. Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani (kiri) menghadiri rapat paripurna istimewa, menyampaikan pidato pengantar dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-76, di Buton Selatan, Senin (foto Antara/HO-Diskominfo Buton Selatan)
Sesuai tema besar peringatan HUT RI ke-76 yakni "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh", ia mengajak menumbuhkan nilai-nilai ketangguhan, dan semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Ketua DPRD Buton Selatan, La Ode Armada menambahkan, pelaksanaan rapat paripurna peringatan HUT RI ke-76 ini dilaksanakan sederhana sebagai upaya penanggulangan COVID-19. Namun tidak sedikitpun mengurangi semangat dalam memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 tahun 2021.

Sebagai bangsa Indonesia dan khususnya masyarakat Buton Selatan, semua pihak wajib bersyukur menjadikan perayaan HUT RI ini untuk mengenang kembali jasa para pejuang pendiri bangsa, yang rela mengorbankan jiwa dan raganya dalam memproklamasikan dan mempertahankan kemerdekaan dari belenggu penjajahan bangsa asing.

"Tentunya jiwa patriotisme para perjuang bangsa dapat kita jadikan sebagai sumber isnpirasi dan motivasi untuk selalu berkarya dan menunjukkan prestasi terbaik dalam mengisi kemerdekaan ini, demi meraih masa depan Bangsa Indonesia dan Kabupaten Buton Selatan pada khususnya yang lebih baik," tandasnya.

Usai pelaksanaan rapat paripurna, Bupati La Ode Arusani juga berkesempatan meninjau langsung vaksinasi kemerdekaan didampingi Kepala Bagian Perencanaan (KabagRen) Polres Buton, AKP Anwar. 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024